Olahraga Editor : Danar Widiyanto Selasa, 13 Maret 2018 / 19:57 WIB

Bertemu Menpora Imam Nahrawi, Atlet NPC Keluhkan Ini

SOLO, KRJOGJA.com - Menpora Imam Nahrawi mendesak kepada National Paralympic Committee (NPC) Indonesia segera membelikan peralatan yang dibutuhkan atlet Asian Para Games (APG) 2018. Pemerintah telah mengucurkan anggaran pemusatan latihan dan pembelian peralatan sekitar Rp 130 miliar.

"Anggaran itu langsung masuk ke rekening NPC," jelas Menpora Imam Nahrawi kepada wartawan usai meninjau pemusatan latihan atlet APG dan Asian Games 2018 di stadion Sriwedari Solo, Selasa (13/3/2018).

Dijelaskan, mulai 2018 pengelolaan anggaran telah dirubah. Kalau tahun lalu anggaran dikelola secara swakelola di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). "Namun mulai 2018 dilimpahkan kepada NPC. Jadi dana langsung dikirim ke rekening NPC dan dikelola sendiri. Karena para atlet sekarang membutuhkan peralatan, kami minta segera dipenuhi," kata Imam Nahrawi.

Meski dana sudah diserahkan NPC, namun sebelum anggaran cair harus ada Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang dilengkapi daftar kebutuhan peralatan secara detail. Itu fakta manajemen keuangan yang harus dipenuhi.

Sementara Presiden NPC Indonesia Senny Marbun mengatakan pihaknya belum membelikan peralatan karena anggaran belum turun. Sehingga latihan selama ini dilaksanakan menggunakan peralatan seadanya.

"Persiapan atlet seadanya. Memang kita belum bisa beli (peralatan) karena uang belum turun," terangnya.

Senny berharap masalah peralatan tidak tidak mengganggu persiapan atlet NPC dalam mengangkat prestasi. Itu sudah dbuktikan dalam Asean Para Games Malaysia sebagai juara umum.(Qom)