April, 88.267 KPM Digelontor BPNT

Rapat persiapan pelaksanaan BPNT (Deddy EW)

WONOSARI, KRJOGJA.com -   Sebanyak 88.267 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Gunungkidul yang sebelumnya mendapatkan bantuan rastra, akan dialihkan menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mulai April 2018 mendatang. Dinas Sosial sekarang ini sedang mengusulkan perubahan data 9.000 KPM ke pusat. Dari jumlah keseluruhan data dari pusat yang turun ke daerah ada sebanyak 9.000 yang harus diganti sesuai hasil musyawarah desa (musdes). 

"Penggantian KPM tersebut diantaranya ada yang sudah meninggal dunia, hingga data ganda. Karena itu sekarang ini diproses pengiriman data KPM ke Jakarta,” kata Kepala Dinas Sosial Gunungkidul Dra Siwi Iriyanti MSi usai memimpin Rapat Kesiapan BNPT, Selasa (13/03/2018).

Diungkapkan, jika sebelumnya KPM memperoleh langsung beras. Nantinya dialihkan berupa uang melalui rekening bekerjasama dengan Bank Mandiri. Nantinya sudah ada warung di setiap desa yang deprogram melayanan BPNT. 
"Setiap KPM memperoleh alokasi anggaran Rp 110.000 per bulan. Harus diambil dalam berupa barang yakni beras dan telur. yang menjadi agen Bank Mandiri. Sehingga bisa melayani pengambilan program BPNT di Gunungkidul,” imbuhnya Dra Siwi yang juga Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan ini. (Ded)

Tulis Komentar Anda