Kejari Klaten Selamatkan Uang Negara Rp 450 Juta

Kajari (kiri) dan Kepala BRI menunjukkan nota kesepakatan bersama (Sri Warsiti)

KLATEN, KRJOGJA.com - Kejaksaan Negeri Klaten berhasil menyelamatkan uang negara sebanyak 450 juta pada tahun 2017. Hal ini dikemukakakn Kepala Kejaksaan negeri Klaten Zuhandi, di sela acara Penandatanganan nota kesepakatan bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Klaten dengan Kejaksaan Negeri Klaten, dalam bidang hukum perdata dan tata usaha negara, yang berlangsung di aula kejari setempat Selasa (13/3).

Lebih lanjut Kajari mengemukakan, uang negara yang berhasil diselamatkan  tersebut merupakan hasil kegiatan selama setahun. Sedangkan pada tahun 2018, belum dilakukan rekapitulasi, karena kegiatan-kegiatan sedang berjalan.

Diantaranya adalah menindaklanjuti kerjasama dengan Bank Jateng yang telah menyerahkan kuasa penyelematakan uang senilai Rp 10 miliar.

Sehubungna hal itu Kajari sudah melakukan pemanggilan sebanyak 30 nasabah. Dari jumlah itu sebanyak 26 yang memenuhi panggilan, sedangkan empat nasabah lainya keberadaanya kini tidak sesui dengan identias yang ada.

“Dari bank Jateng kita mendapat 30 surat kuasa khusus (SKK). Kami sudah memanggil 26 nasabah, sekarang dalam proses. Ada yang sudah kooperatif melakukan pembayaran, dan ada juga yang baru melakukan kesanggupan untuk penyelesaian tunggakan-tunggakan. Kemarin yang diserahkan ke kita 10 miliar,” kata Kajri.

Lebih lanjut Kajari menjelaskan, kejaksaan dalam hal ini mewakili pihak bank selaku jaksa pengacara. Keberadaanya sama  seperti pengacara pada umumnya. Setelah mendapat surat kuasa lalu melaksanakan surat kuasa tersebut, namun hasilnya bukan untuk pribadi melainkan untuk negara. (Sit)

Tulis Komentar Anda