Miras Masih Beredar Luas di Purworejo

Pemusnahan miras hasil opeasi Satpol PP Damkar Purworejo. (Foto: Gunarwan)

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sudah ada Peraturan Daerah (Perda) yang menentukan tentang peredaran minuman beralkohol hingga nol persen, namun minuman keras (Miras) masih beredar luas di Kabupaten Purworejo. Bahkan menembus hingga pelosok pedesaan. Kadar alkohol dalam miras itu pun cukup tinggi, ada yang mencapai 25 persen.

“Belum lagi yang oplosan, tak terkendali kandungan alkoholnya,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Purworejo Budi Wibowo SSos MSi, Selasa (13/03/2018).

Menurut Budi Wibowo, para pedagang ditengerai menerima pasokan miras dari oknum tertentu yang didatangkan dari luar Purworejo. “Yang kami sesalkan ada informasi, pengoplos miras berada di kabupaten tetangga, sehingga sangat dekat untuk diedarkan di Purworejo,” jelasnya.

Peredaran miras ini lanjut Budi Wibowo, tidak hanya di wilayah perkotaan, namun justru merasuk di wilayah pelosok pedesaan, terutama di wilayah Kecamatan Purworejo sendiri, Kecamatan Purwodadi, Banyuurip, Kemiri, Kutoarjo, dan Bener, serta wilayah kecamatan lainnya.

“Mereka mengedarkan miras secara sembunyi, namun konsumen sudah mengetahui dan menjadi pelanggan,” tambahnya.

Para pedagang miras ini katanya, tidak memajang miras di warung atau tempat berdagang, namun ditempatkan secara sembunyi. Ada yang masih di dalam mobil. “Bahkan ada yang disembunyikan di kandang ayam,” sesalnya.(Nar)

Tulis Komentar Anda