Jateng Editor : Ivan Aditya Selasa, 13 Maret 2018 / 13:54 WIB

KPU Sukoharjo Bidik Peningkatan Partisipasi Pemilih

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Target partisipasi pemilih dalam Pilgub Jawa Tengah 2018 dipatok sebesar 77,5 persen. Pada Pilgub Jawa Tengah 2013 angka partisipasi pemilih hanya 64 persen. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo memiliki pekerjaan rumah besar untuk merealisasikan target yang dibebankan KPU Pusat. Usaha terus dilakukan salah satunya dengan memperbanyak kegiatan sosialisasi.

Anggota KPU Sukoharjo Yulianto Sudrajat saat mengisi kegiatan dalam rapat koordinasi peningkatan partisipasi masyarakat dengan pemangku kepentingan dalam kegiatan Pilgub Jawa Tengah 2018 di Rumah Makan Embun Pagi, Selasa (13/03/2018) mengatakan, target partisipasi pemilih dalam Pilgub Jawa Tengah 2018 sesuai penetapan dari KPU Sukoharjo sangat berat. Angka yang dipatok sangat besar mencapai 77,5 persen.

Padahal dalam pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah 2013 lalu partisipasi pemilih hanya 64 persen. Artinya ada selisih 13,5 persen yang harus dipenuhi KPU Sukoharjo dalam Pilgub yang digelar 27 Juni nanti.

Meski berat namun KPU Sukoharjo tetap optimis bisa merealisasikan target dari pusat tersebut. Salah satu usaha yang terus dilakukan yakni dengan memperbanyak sosialisasi ke masyarakat khususnya yang punya hak pilih.

Dalam sosialisasi tersebut KPU Sukoharjo melibatkan semua instansi terkait baik Partai Politik (Parpol), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi masyarakat (ormas), komunitas dan lainnya. Mereka dirangkul salah satunya untuk meningkatkan partisipasi pemilih Pilgub Jawa Tengah 2018.

Masing masing OPD memiliki peran berbeda sesuai dengan tupoksinya. Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo dimana mereka bisa membantu dalam sosialisasi ke siswa sekolah yang sudah memiliki hak pilih. Para pemilih pemula sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub Jawa Tengah 2018.

"Pilgub Jawa Tengah 2018 tidak hanya sukses dalam sisi kualitas pemilu saja tapi harapannya juga sukses kuantitas pemilih dimana angka partisipasi pemilih dipatok 77,5 persen," ujar Yulianto Sudrajat.

KPU Sukoharjo tidak kaget dengan angka yang dipatok KPU pusat sebab sudah melalui perhitungan. Pada Pilpres dan Pileg 2014 angka partisipasi pemilih mencapai 74 persen. Kenaikan sebesar 3 persen sudah melalui perhitungan.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto mengatakan, kesuksesan pelaksanaan Pilgub Jawa 2018 bukan hanya tanggungjawab KPU Sukoharjo saja tapi juga semua pihak. Partisipasi pemilih dalam pemilu selalu ditingkatkan seperti dengan memperbanyak sosialisasi.

"Target kita bukan saja hanya pemilih lama tapi juga pemilih pemula. Sebab ada cukup banyak pemilih pemula tersebar disemua wilayah," ujar Kuswanto. (Mam)