Rendah, Kesadaran Ortu Terhadap Keselamatan Anak

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi memakaikan helm kepada anak (Galih P)

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Kesadaran orang tua atau dewasa dalam keselamatan berkendara masih rendah, misalnya kesadaran untuk penggunaan helm bagi anak-anak. Keegoisan orang tua dalam berkendara terpapar dalam razia yang digelar Satlantas Polres Boyolali dan Dishub Boyolali di Simpang Lima Boyolali, Selasa (13/03/2018). 

Puluhan orang tua yang mengantarkan anaknya ke sekolah tertangkap basah tak memakaikan helm pada anaknya. Beruntung mereka yang terjaring razia tak ditilang, namun diberikan penyuluhan dan sosialisasi saja. Puluhan anak-anak, dari balita hingga remaja, yang dibonceng tanpa helm pun mendapat hadiah helm gratis dari petugas, plus sebuah buku serta lembar informasi keselamatan berkendara.

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi menjelaskan, operasi yang digelar kali ini merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat dalam berkendara. Dugaan bahwa banyak orang tua yang mengabaikan keselamatan anaknya terbukti. Beruntung, pihaknya juga sudah menyiapkan puluhan helm ukuran anak yang dibagikan kepada anak yang dibonceng tanpa peralatan keselamatan.

"Harusnya orang tua juga mengajari anak mereka untuk tertib sedari kecil. Ini bukan masalah ketertiban saja, tapi faktor keselamatan," kata Kapolres. 

Dijelaskannya, salah satu faktor penyebab kecelakaan karena kelalaian pengendara dalam urusan ketertiban. Sehingga dengan berbagai sosialisasi dan penindakan terhadap pelanggaran, diharapkan korban kecelakaan karena ketidaktertiban masyarakat bisa diminimalisir. (Gal)

Tulis Komentar Anda