Ganjar Penuhi Janji Rehab Rumah Patonah

Warga bergotong royong melakukan rehab rumah Patonah yang pekan lalu diinapi Gubernur non aktif Ganjar Pranowo. (Foto : Budiono)

SEMARANG, KRJOGJA.com - Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tidak menunggu lama untuk memenuhi janjinya merehab rumah janda tua Patonah (80) warga RT.01/RW.10, Desa Balapulang Wetan, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Rehab terhadap rumah Patonah dilakukan Gan jar setelah pekan lalu, Ganjar menginap di rumah yang sangat sederhama tersebut dan melihat kondisi rumah yang memprihatinkan.

Kepada wartawan Ganjar Pranowo Selasa (13/03/2018) mengatakan, ia sudah janji kepada Patonah yang saat ini sedang menderita penyakit stroke untuk membangunkan rumahnya agar lebih layak untuk dihuni. Biaya yang digunakan juga biaya pribadi, tetapi Ganjar enggan menyebutkan berapa biaya rehab yang diberikan untuk keluarga Patonah.

Namun yang pasti masyarakat ikut nyengkuyung dalam merehab rumah Patonah. Warga sekitar rurut bergotong-royong membangun rumah Patobah, kondisi tersebut yang membuat Ganjar Pranowo trenyuh sekaligus bersukur karena gotong royong merupakan filosofi bangsa ini untuk saling membantu kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sebelumnya warga belum tahu kalau rumah Patonah pada Senin (12/03/2018) sudah akan direhab oleh Ganjar Pranowo. Rumah sangat sederhana yang beberapa waktu lalu mendadak ramai karena diinapi Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kembali riuh karena para tetangga mangayubagya karena rumah nenek pengidap stroke itu telah diperbaiki.

“Sebelumnya sejak beberapa hari lalu (Rabu, 07/03/2018) warga telah bergotong royong memperbaiki rumah Patonah. Perbaikan selesai hari ini (Senin 12/03/2018) lantas warga kumpul ngobrol-ngobrol,” kata Khopiyulloh (41), putra Patonah.

Rumah Patonah yang semula berdinding papan kini nampak lebih kokoh dengan dinding batu bata berplester. Lantai yang awalnya tanah telah disemen. Sebuah kamar baru dibuat di bagian depan khusus untuk Patonah dengan kasur dan rak baru.

Sebelumnya kamar Patonah sangat sempit dan kumuh. Perkakas dapur seperti ember dan panci bergeletakan di atas kasur. “Sekarang kamar ibu ada jendelanya jadi lebih sehat,” kata Khopi, panggilan akrabnya.

Khopi menyampaikan terimakasihnya pada Ganjar karena telah membantu perbaikan rumah. Ia sendiri tidak menyangka sekelas gubernur mau menginap di rumah ibunya yang jauh dari kesan layak. “Kami sekeluarga menyampaikan terimakasih banget atas bantuannya Pak Ganjar, semoha sehat selalu dan sukses nanti pilgubnya,” kata bapak dua anak itu.

Menurut Khopi, kedatangan Ganjar pada Minggu (04/03/2018) malam lalu sangat berkesan, tidak hanya bagi keluarganya tapi seluruh warga Desa Balapulang, karena sebelumnya belum pernah ada seorang Gubernur datang ke desa Balapulang, apalagi sampai menginap. Khopi mengaku biasanya melihat Ganjar Pranowo hanya melalui televisi, sehingga saat Ganjar datang kerumahnya dan menginap, keluarganya sangat terkejut dan bersyukur. (Bdi)

Tulis Komentar Anda