UMBY Kembangkan Fermentasi Growol

Tim peneliti UMBY mengkreasi fermentasi growol (istimewa)

SLEMAN, KRJOGJA.com - Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) beberapa waktu lalu sukses mendampingi masyarakat Sangon Kalirejo Kulonprogo memproduksi pangan olahan growol. Bahkan, kembali berinovasi meneliti fermentasi growol untuk meningkatkan kualitas produk agar semakin laku di pasaran. 

Tim peneliti di bawah Prof Dr Ch Wariyah, MP kini tengah melakukan penelitian di laboratorium UMBY. Penelitian difokuskan pada peningkatan kandungan bakteri Lactobacillus yang menghasilkan asam laktat. 

“Kami berusaha menyesuaikan kandungan bakteri Lactobacillus karena kalau terlalu banyak maka rasanya cenderung asam dan mungkin konsumen tidak begitu suka. Penelitian ini ingin mencari komposisi pas untuk fermentasi growol,” ungkapnya Selasa (13/03/2018). 

Menurut Wariyah, ia tak bekerja sendiri dalam proses inovasi produk growol tersebut. Banyak mahasiswa UMBY berpartisipasi aktif menyumbangkan ide demi menghasilkan produk olahan growol berkualitas. 

“Mahasiswa membantu mencari ketela yang paling cocok untuk growol karena macam ketela begitu banyak. Kalau di Sangon digunakan ketela Martapura atau sering disebut ketan,” sambungnya. 

Prof Wariyah pun berharap hasil penelitian ini nantinya bisa diterapkan masyarakat dan memaksimalkan produksi growol khususnya di Sangon Kalirejo Kulonprogo. UMBY berharap kesejahteraan masyarakat akan bertambah karena pemanfaatan sumber daya alam bisa dimaksimalkan. (Fxh)

Tulis Komentar Anda