Rumput Zoysia Matrelia Siap Ditanam, Mandala Krida Bakal Serasa GBK

Stadion Mandala Krida saat ini (Harminanto)

YOGYA, KRJOGJA.com - Renovasi tribun penonton Stadion Mandala Krida telah rampung dilaksanakan sejak akhir 2017. Di tahun 2018 stadion kebangaan warga Kota Yogyakarta ini bakal kembali bersolek dengan memperbaharui rumput dan lintasan atletik. 

Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY Edy Wahyudi mengungkap pengerjaan renovasi tahap akhir bakal dilaksanakan bulan April 2018 nanti. Anggaran Rp 35 miliar pun disiapkan untuk menyempurnakan kondisi stadion yang berada di kawasan zona olahraga DIY ini. 

“Paling tidak dimulai pengerjaan pada April 2018 meliputi lapangan, lintasan atletik, sistem drainase dan kawasan lingkungan sekitar stadion. Dana yang dianggarkan Rp 35 miliar di mana 40 persen diantaranya untuk pengerjaan lintasan atletik,” ungkapnya pada wartawan Senin (12/3/2018). 

Untuk rumput lapangan, Edy mengatakan pihak kontraktor sudah melakukan presentasi akan memasang jenis Zoysia Matrelia yang juga dipasang di Gelora Bung Karno (GBK). Pemda DIY melalui BPO menyadari betul kualias lapangan adalah sebuah faktor terpenting dari sebuah stadion. 

“Sistem drainasenya juga sudah dipikirkan secara detail dengan menanam pipa di dalam lapangan dan lebih dimiringkan kedua sisinya agar air cepat meresap. Rumput juga dipilih seperti yang saat ini digunakan untuk GBK,” terangnya. 

Proses pengerjaan sendiri nantinya akan memakan waktu hingga enam bulan kedepan sehingga praktis Mandala Krida tak bisa digunakan untuk aktivitas olahraga selama masa tersebut. “Rumput mungkin perlu waktu enam bulan dan mudah-mudahan nanti pemeliharaan terbantu musim penghujan, harapannya awal Oktober sudah selesai,” ungkapnya lagi. (Fxh)

Tulis Komentar Anda