Jeli Tentukan Pilihan, Jalak Uren ‘Nyatpam’ Lebih Istimewa

Jalak uren sudah 'nyatpam' milik Utomo.(Foto: Sulistyanto)

BURUNG berkicau atau ocehan jenis jalak uren selain mampu berkicau dengan suara khas, perpaduan warna bulu-bulunya juga enak dilihat, yakni kombinasi hitam dan putih yang serasi. Lebih istimewa lagi jika ocehan ini sudah ‘nyatpam,’ yakni banyak bersuara nyaring ketika melihat orang asing.

“Jalak uren di tempat saya ini termasuk sudah ‘nyatpam,’ ditambah lagi ada isian suara prenjak dan kacer. Jadi masih akan terus saya pelihara, nggak ada rencana dijual,” ungkap kicau mania yang mempunyai kios pakan ternak dan alat pertanian di kawasan Minggir Sleman, Suryo Utomo, baru-baru ini.

Ketika sangkar ocehan ini ditempatkan di ruangan lokasi usahanya, sebut Utomo, jika melihat orang asing, baik pada siang maupun malam hari akan banyak bersuara. Dengan kata lain, burung berkicau yang mudah jinak ini dapat difungsikan juga sebagai satpam atau penjaga rumah/lokasi usaha. Kian istimewa jika ocehannya nyaring serta bervariasi, karena sudah diisi atau dimaster dengan suara ocehan jenis lain.

Perawatan sehari-hari jalak uren pun diyakini termasuk mudah. Jenis pakan yang diberikan cukup menggunakan pakan buatan pabrik kualitas bagus, yakni berbahan rumput laut, telur dan madu. Dengan bahan-bahan ini akan mampu mencukupi kebutuhan nutrisi jalak, termasuk dapat mencegah stres (anti stres), menjaga stamina/daya tahan tubuh dari serangan penyakit ataupun mendukung kesehatan secara umum.

“Bisa juga setiap harinya diberi pakan dari hewan tapi tak perlu banyak-banyak seperti jangkrik, cacing ataupun kroto. Pakan seperti ini selain disenangi jalak juga bisa memberi tambahan protein hewani secara alami.

Bahkan pakan tambahan wujud buah-buahan, misalnya pepaya dan pisang kepok putih dapat juga diberikan secara berkala. Pakan ini antara lain dapat menjaga sistim pencernaan dan mendukung metabolisme tubuh. Terlebih  saat cuaca banyak panas, asupan berasal dari buah-buahan cukup penting diberikan secara rutin. Bisa juga jalak uren diberi multivitamin, terutama jika ingin diikutkan dalam lomba ocehan maupun ditangkarkan.

“Jalak uren ini umurnya sekitar satu setengah tahun. Selain jalak uren, senang juga saya memelihara kacer dan lovebird. Bisa menambah semarak suara oceh-ocehan di sini dan menjadi hiburan tersendiri,” tegas Utomo. (Yan)

Tulis Komentar Anda