Perjalanan Kereta Api Sering Terhambat, Rel Jalur Selatan Bakal Diganti

Vice Presiden PT KAI Daop 5 Purwokerto, Yosita. (Foto: Driyanto)

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - PT KAI Daop 5 Purwokerto, mengusulkan kepada pemerintah untuk menggantikan  rel ukuran  R- 42 ke rel R- 54 untuk jalur KA selatan antara Banjar,Jawa Barat, hingga ke Cipari, Kabupaten Cilacap.

Vice Presiden PT KAI Daop 5 Purwokerto, Yosita, Senin (12/3/2018), menjelaskan usulan penggantian rel dari ukuran R 42 ke R- 54 sudah dilakukan tahun lalu dengan tujuan untuk kenyamanan dan peningkatan kecepatan KA.

"Saat ini masih ada beberapa petak jalur KA di wilayah PT KAI Daop 5, yang masih menggunakan  rel ukuran R - 42 dengan penambat DE-Clips dan KA-Clips yang seharusnya, sudah diganti menggunakan rel ukuran R-54," ungkapnya

Ia menambahkan sesui aturan  grafik perjalanan KA tahun 2017 yang tadinya kecepatan 90 kilometer (km)/jam berubah diturunkan menjadi  70 km/jam dikarenakan banyak rel pendek dan berukuran R-42 dan banyak sambungan.

Panjang jalur KA yang kecepatan diturunkuan ada sepanjang  15 kilometer antara Banjar - Cipari, Kabupaten Cilacap. Untuk meningkatkan kecepatan KA maka  PT KAI Daop 5 Purwokerto,  melakukan  penggantian rel rel- 42 ke rel R-54 secara bertahap sesuai  program disamping, melaksanakan pemeliharaan dan  mengganti penambat yang sudah kendor.(Dri)

 

Tulis Komentar Anda