Cetak 200 Clean Sheet di Liga Inggris, Wenger Puji Cech

Foto: Okezone

LONDON (KRjogja.com) – Penampilan apik Petr Cech, Kiper Arsenal, saat menang 3-0 melawan Watford, membuatnya mencatatkan 200 clean sheet di Liga Inggris. Pencapaian itu pun membuat pelatih Arsenal, Arsene Wenger, memuji Cech dengan mengatakan ia merupakan pemain yang luar biasa.

Butuh waktu kurang lebih dua bulan bagi Cech untuk mencapai rekor 200 clean sheet tersebut. Pasalnya, terakhir kali ia tidak kebobolan sama sekali adalah ketika The Gunners –julukan Arsenal– menang 1-0 atas Newcastle United pada 16 Desember 2017.

Namun, rekor 200 clean sheet tersebut pun akhirnya dicapai di Emirates Stadium saat Arsenal membungkam Watford 3-0, Minggu 11 Maret 2018 malam WIB. Dalam pertandingan itu, kiper berpaspor Republik Ceko itu menggagalkan tendangan penalti yang dilesatkan striker sekaligus kapten Watford, Troy Deeney. Karena itu, Wenger sangat memuji pemainnya tersebut.

“Apa yang telah dilakukan Petr Cech (200 clean sheet) itu luar biasa dan di atas itu semua, dia menyelamatkan tendangan penalti hari ini. Dia harus menunggu beberapa saat untuk meraihnya. Dia cukup beruntung saat menghadapi Deeney. Dan akhirnya ia berhasil clean sheet,” ungkap Wenger, mengutip dari Sportsmole, Senin (12/3/2018).

Berhasilnya menggagalkan penalti Deeney adalah penyelamatan pertama Cech dari 16 tendangan penaltinya bersama The Gunners. Saat ini, kiper yang pernah bermain bersama Chelsea itu adalah pemain yang meraih clean sheet terbanyak di Liga Inggris. Unggul 31 angka dari mantan kiper Liverpool, David James, yang berada di posisi kedua.

“Situasi yang dialaminya dalam waktu dua minggu terakhir telah memperlihatkan apa itu sepakbola. Dalam waktu seminggu saja ia mampu mengubah neraka menjadi surga. Itulah kehidupan. Saya menyukai kedua situasi tersebut, karena di situasi pertama dia menunjukkan banyak kerendahan hati dan tanggung jawab,” ucap pelatih berpaspor Prancis itu.

“Rekor membutuhkan banyak sekali motivasi dan tingkat kecerdasan yang besar. Anda tidak akan bertahan lama jika tidak cerdas,” Wenger menambahkan.

Sampai saat ini, kiper yang masih aktif bermain dan memiliki peluang untuk melewati rekor Cech ialah kiper West Ham United, Joe Hart. Kiper yang sempat bermain di Manchester city itu sudah mengemas 122 clean sheet. (*)

 

Tulis Komentar Anda