APK Masih Terpasang Segera Ditertibkan

Foto: Dok

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan dengan memberikan informasi atau laporan berkaitan dengan temuan alat peraga kampanye (APK) pemilu yang masih terpasang atau tercecer belum ditertibkan petugas gabungan. Hal tersebut sangat penting dan akan ditindaklanjuti petugas dengan melakukan pencopotan. Panwaskab bersama tim gabungan sudah melakukan penertiban disemua wilayah di Sukoharjo.

Anggota Panwaskab Sukoharjo Eko Budiyanto, Senin (12/3) mengatakan, hampir disemua wilayah di Sukoharjo sudah disisir petugas gabungan. Tim yang terlibat seperti dari Panwaskab, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Dalam penyisiran tersebut tim gabungan juga melakukan penertiban berupa pencopotan APK. Sudah ada ratusan APK ditertibkan baik bentuknya berupa spanduk, baliho dan lainnya.

"Siapa tahu masih ada APK yang tercecer dibiarkan terpasang maka partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk memberikan informasi. Nanti setiap laporan yang masuk akan ditindaklanjuti petugas gabungan," ujar Eko Budiyanto.

APK yang dikhawatirkan tercecer dan masih terpasang kemungkinan berada di wilayah pinggiran atau di tengah perkampungan. Lokasi tersebut kemungkinan luput dari pengawasan petugas dari tim gabungan.

Sampai sekarang setelah beberapa hari penertiban Panwaskab Sukoharjo masih menemukan APK terpasang dan belum dilakukan penurunan. Khusus mengenai hal iti sudah dikoordinasikan Panwaskab Sukoharjo dengan pihak biro reklame. Koordinasi penting mengingat pemasangan APK dilakukan pada titik dan biro reklame resmi. Saat dipasang pihak pemasang juga mengajukan izin resmi dan membayar pajak atau retribusi sesuai ketentuan.

Meski begitu proses pemasangan reklame tersebut tetap tidak diperbolehkan sesuai aturan pemilu. Pihak pemasang atau biro reklame diminta melakukan pencopotan APK dalam waktu dekat. (Mam)

Tulis Komentar Anda