Disbud Bangun Taman Budaya Rp 104 Miliar

Desain pembangunan Taman Budaya (Deddy EW)


WONOSARI, KRJOGJA.com - Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul Agus Kamtono MSi mengungkapkan, mendukung pengembangan seni budaya dan mendorong pertumbuhan pariwisata, dilakukan pembangunan Taman Budaya di Wonosari. Lokasinya berada di jalur ring road utara dengan luasan 2,8 hektar. 

"Pembebasan lahan sudah dilakukan dan menelan biaya hampir Rp 14 miliar. Untuk pembangunannya dialokasikan anggaran hingga Rp 104 miliar. Namun dapat bertambah sesuai dengan kebutuhan kelengkapan di lapangan. Anggarannya berasal dari Dana Keistimewaan,” kata Agus Kamtono, Senin (12/03/2018).

Untuk pembangunan, lanjutnya secara teknis diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR). Targetnya pembangunan akan selesai pada 2019 mendatang. Kawasan Taman Budaya nantinya akan dilengkapi dengan shelter dan kuliner sehingga bisa menjadi tempat pemberhentian dan istirahat bagi wisatawan. Selain itu ada bangunan utama tiga lantai yang bisa dipergunakan untuk pelaksanaan berbagai atraksi budaya. 

"Juga dibangun ruangan outdoor untuk penampilan seni budaya. Pada bagian depan akan dibangun Joglo yang merupakan cirri khas Yogyakarta," imbuhnya.

Agus menambahkan, pembangunan Taman Budaya juga untuk ‘nguri-uri’ budaya. Jika selama ini ketika akan menggelar atraksi budaya berpindah-pindah, nantinya bisa dipusatkan di Taman Budaya. Dinas juga terus melakukan pembinaan terhadap potensi budaya di masyarakat. Karena sangat beragam mulai dari seni wayang, ketoprak, reog dan banyak lainnya. (Ded)

 

Tulis Komentar Anda