Penanggulangan Kemiskinan di Purworejo Dilakukan Terpadu

Kemiskinan penduduk masih tersebar di berbagai pelosok Purworejo. (Foto: Gunarwan)

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo bertekad untuk melakukan penanggulangan kemiskinan secara terpadu. Mengingat tanggung jawab pengentasan kemiskinan tidak hanya tertumpu pada salah satu organisasi perangkat daerah (OPD), namun menjadi tanggung jawab bersama lintas OPD.

Para Camat juga diminta dapat memberikan informasi permasalahan penanganan kemiskinan di wilayahnya masing-masing yang selanjutnya dapat ditindaklanuti OPD terkait untuk peningkatan kualitas pelaksanaan program. “Untuk OPD terkait agar lebih fokus pada sasaran dan permasalahan  penduduk miskin secara terpadu, sehingga benar-benar dapat meningkatkan status kesejahteraan penduduk miskin. Sedangkan untuk Tim Pencermat dari TKPKD, diharapkan bisa mensinkronkan program antar OPD, agar terjalin keterpaduan secara sinergitas,” kata Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, Senin (12/3).

Untuk penanggulangan kemiskinan ini Pemkab Purworejo juga menggelar rapat koordinasi (rakor) yang melibatkan seluruh camat selaku pejabat pemangku wilayah.

Dijelaskan, angka kemiskinan di Purworejo masih tergolong tinggi yakni mencapai  13,81 pesen pada tahun 2017. Angka ini masih di atas angka kemiskinan Propinsi Jawa Tengah yang mencapai 13,27 persen, maupun kemiskinan nasional sebesar  10,12 persen. “Penanggulangan kemiskinan ini juga masih belum bisa memenuhi target yang menekan hingga sebesar 11,3 persen,” jelas Yuli Hastuti. (Nar)

Tulis Komentar Anda