DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 12 Maret 2018 / 13:09 WIB

Malioboro Sisi Barat Mulai Dibongkar

YOGYA, KRJOGJA.com - Pedestrian dan jalur khusus Malioboro sisi sebelah barat mulai dibongkar dalam rangka revitalisasi kawasan Malioboro tahap ketiga, Senin (12/03/2018). Traso dan aspal mulai dibongkar menggunakan satu alat berat yang diturunkan pengelola proyek.

Pelaksana proyek revitalisasi Malioboro tahap tiga, Eri Purnomo mengungkap pembongkaran yang dilakukan hari ini adalah titik awal dimulainya revitalisasi sisi barat. Untuk tahap pertama, pengerjaan dimulai dari ujung utara Jalan Malioboro sepanjang 61 meter.

“Target kami maksimal untuk titik awal 61 meter ini dua minggu harus selesai mulai pembongkaran sampai pengecoran. Namun dua minggu itu belum termasuk pemasangan traso baru,” ungkapnya ditemui di lokasi pengerjaan.

Dimulainya pembongkaran tersebut menurut Eri sekaligus membuat beberapa insan Malioboro terdampak. “Seperti becak dan andong ya kami berharap bisa menyesuaikan, PKL juga sementara libur karena tempatnya dibongkar,” ungkapnya lagi.

Pengerjaan tersebut setiap hari bakal diselesaikan pukul 18.00 WIB sebagai antisipasi kenyamanan wisatawan yang datang ke Malioboro pada malam hari. “Kami harus menghormati kenyamanan wisatawan, tiap hari pengerjaan selesai pukul 18.00 WIB. Mudah-mudahan cuaca mendukung sehingga bisa selesai lebih cepat,” pungkasnya.

Proyek revitalisasi akan dikerjakan estafet hingga ke selatan Jalan Pangurakan. Bahan traso dan model yang digunakan pun dibuat sama dengan kawasan titik 0 kilometer.

Proyek revitalisasi tahap ketiga sisi barat Jalan Malioboro sendiri menelan biaya Rp 37,3 miliar. Jumlah tersebut meliputi pembaharuan pedestrian termasuk traso dan penanaman pohon dari Jalan Marga Utama hingga Jalan Malioboro. (Fxh)