Peristiwa Editor : Ivan Aditya Senin, 12 Maret 2018 / 12:35 WIB

Sebastian Pinera Jadi Presiden Cile

CHILI, KRJOGJA.com - Miliader konservatif Sebastian Pinera dilantik sebagai Presiden Cile untuk masa jabatan kedua, setelah sempat digantikan Michelle Bachelet selama empat tahun, Minggu (11/03/2018). Dalam sebuah acara singkat di hadapan anggota Kongres Nasional di pusat kota pelabuhan Valparaiso, Pinera menerima selempang kepresidenan dari pendahulunya Bachelet untuk keduanya.

Pada 2010, Bachelet menerima selempang dari Pinera. Sejak 2006, keduanya saling bergantian menjadi presiden. Bachelet tampak sangat emosional. Dia membantu Pinera mengenakan selempang kepresidenan, menciumnya, lalu meninggalkan Kongres Nasional bersama para anggota kabinet pemerintahannya.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Bachelet dan Pinera tidak memberikan kata sambutan. Acara pelantikan tersebut dihadiri sejumlah negara tetangga di Amerika Latin, termasuk Argentina, Bolivia, Meksiko dan Peru. Raja Spanyol Juan Spanyol juga turut menyaksikan pelantikan tersebut.

Pinera yang pernah menjabat sebagai Presiden Cile pada 2010-2014, berjanji untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menurunkan pajak, meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja. Dia terpilih kembali sebagai Presiden dalam pemilihan November lalu dan akan menjabat hingga 2022.

Menurut Majalah Forbes, Pinera merupakan orang terkaya keempat di Cile dengan nilai kekayaan mencapai US$2,8 miliar. Ia memilih tempat penampungan anak-anak di Santiago untuk mengumumkan kebijakan pertama sebagai presiden, yakni reformasi perlindungan negara bagi anak-anak yang rentan. (*)