Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 12 Maret 2018 / 11:54 WIB

Panen Raya Diharapkan Bisa Turunkan Harga Beras

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Panen raya padi diharapkan bisa berpengaruh besar pada penurunan harga beras sampai mendekati ketentuan pemerintah sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 9.450 perkilogram. Harga beras dipasaran sekarang masih tinggi di atas HET sekitar Rp 11.000 - Rp 12.000 perkilogram.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sukoharjo Sutarmo, Senin (12/03/2018) mengatakan, harga beras masih tinggi dipasaran di Sukoharjo. Penyebabnya salah satunya faktor pengaruh pasar. Kondisi tersebut disesalkan karena stok beras sebenarnya melimpah. Pedagang masih mendapatkan pasokan beras secara normal.

Jumlah kiriman semakin banyak dan stok beras bertambah setelah adanya panen raya padi. Panen diharapkan juga bisa membuat harga beras dipasaran turun dan mendekati ketentuan sesuai HET.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo memantau kondisi tanaman padi petani. Hal itu dilakukan untuk melihat secara langsung lokasi panen dan sebarannya. Panen raya padi diharapkan bisa didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Panen padi bisa menambah stok beras ditingkat pedagang di pasar. Dengan demikian diharapkan bisa menurunkan harga dipasaran. "Kami berharap harga beras bisa segera turun sesuai HET setelah ada panen raya padi," ujar Sutarmo.

Beras hasil panen petani Sukoharjo dipastikan untuk memenuhi kebutuhan lokal. Setelah semua terpenuhi hasil panen juga didistribusikan keluar daerah sesuai instruksi pemerintah pusat berkaitan dengan ketahanan pangan.

Pantauan dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo diketahui pedagang masih memiliki stok beras melimpah. Stok masih ditambah dengan kiriman dari petani lokal setelah panen raya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, panen raya padi diharapkan berpengaruh besar tidak hanya bertambahnya stok beras namun juga dapat menurunkan harga. Pemkab Sukoharjo sendiri mendapatkan target besar dari pemerintah pusat berkaitan dengan swasembada pangan.

"Setelah panen raya padi harapannya tidak hanya stok bertambah namun juga memenuhi target yang ditetapkan pemerintah. Tidak kalah penting yakni menurunkan harga beras dipasaran," ujarnya. (Mam)