Olahraga Editor : Danar Widiyanto Senin, 12 Maret 2018 / 04:11 WIB

PELUNCURAN TIM MOTOX RACING 2018 DI ROMA

Bersamaan Ulang Tahun Galang Hendra Pratama

ROMA, KRJOGJA.com - Tim MotoX Racing secara resmi meluncurkan tampilan livery 2018 untuk gelaran balap FIM Supersport 300 World Championship (WSSP300). Demikian momen spesial ini berlangsung di Moto Expo, Roma, Italia, Sabtu (10/3/2018). Peluncuran Tim MotoX Racing ini, bersamaan dengan ulangtahun (Ultah) pembalap binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama. Rider asal Yogyakarta berusia 19 tahun ini siap bertarung meraih prestasi terbaik di atas pacuan Yamaha YZF-R3.

Sebelumnya, Galang Hendra Pratama membuat kejutan prestasi dengan merenggut podium juara. Itu saat berkompetisi sebagai wildcard di Kejuaraan Dunia WSSP300 putaran terakhir di Jerez, Spanyol (2017). Lebih lanjut dipahami, selain di kejuaraan utama WorldSSP300, Galang Hendra Pratama juga bersaing dengan empat pembalap muda berbakat lainnya di Yamaha R3 bLU cRU Challenge.

Program Yamaha bLU cRU sendiri dirancang untuk memberikan tahapan karir yang realistis dan jelas bagi pembalap muda berbakat. Yaitu menuju kejuaraan WorldSBK. Musim 2017 lalu merupakan tahun perdana Yamaha R3 bLU cRU Challenge yang sangat menantang, dimana Alfonso Coppola tampil sebagai pemenang setelah menjadi runner-up atau posisi ke-2 WorldSSP300. Hanya kehilangan satu poin saja.

Sebagai hadiah atas kemenangan Yamaha R3 bLU cRU Challenge-nya, Coppola telah membuat langkah maju, yaitu menuju Kejuaraan WorldSSP untuk tahun 2018 dengan Tim WorldTech GRT Yamaha Official WorldSSP. Nah, untuk 2018 ini terdapat enam pembalap baru yang dipromosikan dari R3 bLU cRU Challenges and Cup yang masing-masing ambil bagian dalam Kejuaraan WorldSSP300. Sebelumnya mereka tampil mengesankan di kelas master R3 bLU cRU Yamaha di Latina, Italia tahun lalu.

Keenamnya akan mendapatkan nilai lebih sebagai rider Yamaha R3 bLU cRU Challenge. Dalam konteks ini mendapat dukungan part balap, layanan balapan di trek, pakaian paddock yang khusus dan banyak lagi. Pemenang 2018 Yamaha R3 bLU cRU Challenge akan - seperti Coppola - dihargai dengan apresiasi diberikan kesempatan step-up ke kelas yang lebih tinggi dan pastinya akan didukung Yamaha pada 2019.

Tahun 2015, Galang Hendra Pratama menjadi racer resmi Yamaha Racing Indonesia (YRI) di kategori Asian Road Racing Championship (ARRC) kategori Asia Production (AP250). Hajatan AP250 ini pertama digelar dan Galang Hendra menempati urutan ke-9 secara keseluruhan di musim rookie dengan motor Yamaha YZF-R25. Penampilannya yang mengesankan berlanjut hingga musim 2016 dan melihatnya terpilih untuk mengikuti edisi kedua Yamaha VR46 Master Camp (Valentino Rossi).

Seperti dikutip situs Yamaha Racing Indonesia, pembalap Galang Hendra menghabiskan satu minggu training atau penajaman skill balap dari idolanya Valentino Rossi dan timnya. Tahun 2016, Galang Hendra finish kelima di Kejuaraan ARRC (AP250) yang sangat kompetitif dan pada 2017 ia menyelesaikan klasemen secara keseluruhan ke-6 dalam kejuaraan yang sama. Mantapnya, Galang Hendra memenangkan podium juara untuk pertama kalinya menjelang akhir musim 2017.

Galang Hendra memperlihatkan bakatnya yang luar biasa saat tampil dua kali sebagai wildcard di Kejuaraan WorldSSP300 2017. Tidak pernah balapan dengan Yamaha YZF-R3, bahkan belum pernah ke Eropa apalagi naik di trek hingga dia tampil impresif di Portimao, Portugal. Sempat berada dalam sepuluh besar saat balapan, sebelum terpaksa kembali ke pit dengan masalah teknis. Dia kembali bersemangat setelah diberi kesempatan wildcard kembali di Jerez. Disini Galang Hendra memberikan sebuah kemenangan sensasional. Setelah penampilan yang luar biasa di Spanyol tersebut, musim 2018 bersama dengan Moto X Racing di WorldSSP300 akan balap secara full seri.

"Saya merasa terhormat dan bangga mendapatkan kesempatan ini untuk mewakili Yamaha dan Indonesia di ajang Yamaha R3 bLU cRU Challenge dan Kejuaraan Dunia WSSP300. Setelah kemenangan saya di balapan terakhir di Jerez, kini saya diberi kesempatan untuk bersaing penuh dalam Kejuaraan ini dan akan menjadi tantangan, karena saya harus belajar sebagian besar sirkuit saat kami pergi tapi saya senang dengan tantangan yang ada di depan. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di Yamaha Indonesia, Yamaha Motor Europe, dan Team MotoX Racing karena memberi saya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan saya di pentas Dunia," ungkap Galang. (Rar)