Hiburan Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 11 Maret 2018 / 15:42 WIB

Huang Hua Bikin Panggung Ketoprak 'Pecah'

HUANG Hua membuat 'ger-geran' ratusan penonton ketoprak yang memadati aula SD Kristen 3, Klaten Sabtu (10/03/2018) malam. Mantan juara dunia bulutangkis asal Cina yang Berjaya era 1980-1990 tersebut  berperan sebagai Nyai Jagal Warak.

Musuh bebuyutan pebulutangkis Indonesia Susi Susanti tersebut, tampil sebagai bintang tamu dalam pentas ketoprak lakon rebutan kuwoso. Pentas tersebut dimainkan  sekitar 50 warga keturunan yang tergabung dalam Perkumpulan Darma Bakti (PDB) Klaten, didukung sekitar 20 peraga, terdiri para alumni Festival Ketoprak Pelajar (FKP).

Dalam adegan Nyai Jagal Warak dan Kyai Jagal Warak yang diperankan oleh Candra Budi Darmawan (suami asli Huang Hua), terjadi dialog yang sangat lucu membuat penonton terpingkal-pingkal. Hal ini karena Huang Hua sering tidak pas mengucapkan kalimat, karena ia memang tidak fasih untuk berbahasa Jawa, apalagi juga tidak bisa melafalkan huruf R.

Ketika seharusnya berkata “ora sudi”, Huang Hua selalu menyebut "ola sudhi". Bahkan saat disuruh pergi (minggat) oleh kyai Jagal Warak, Huang Hua justru menjawab maturnuwun (terimakasih).

Candra Budi pun juga gemas melihat akting istrinya tersebut. “Tidak usah pakai Bahasa Jawa dan Bahasa Cina, pada ga ngerti, pakai Bahasa Indoensia saja,” seru Candra Budi (Jagal Warak), namun Huang Hua tetap berusaha keras untuk bisa dialog dengan Bahasa Jawa, sehingga suasana makin lucu.

“Saya okay okay saja, tadi saya bisa Bahasa Jawa. Saya senang bisa ikut bermain ketoprak,” kata Huang Hua usai pentas. (Sit)