Konferensi Orangtua di Novotel Solo

Istimewa

SOLO, KRJOGJA.com - Sekitar 500 orangtua mengikuti Parent Conference 2018 (Konferensi Orangtua 2018) yang digelar Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus bekerjasama Akademi Orangtua Indonesia Surakarta (AORTA) di Hotel Novotel Solo Sabtu (10/03/2018).

Para orangtua diberikan ruang dan waktu untuk menyampaikan materi yang bertemakan tentang nilai-nilai karakter positif yang menjadi bekal anak untuk menghadapi tantangan global. Mereka dipersilakan untuk menyampaikan materi tentang keorangtuaan sesuai dengan tema 'Siap Mendampingi Anak Menjadi Pemimpin Dunia'.

"Melalui Konferensi Orangtua yang pertama di Kota Solo ini diharapkan menjadi ajang silaturahim dan curah gagasan bagi para orangtua," jelas Ketua Panitia, Nadjibah Yahya.

Sebelumnya para orangtua mendapat penguatan pengetahuan tentang Rasulullah SAW sebagai pendidik terbaik di dunia oleh Ustadz Alwi bin Al Habsyi.

Disebutkan,  Rasulullah SAW mendidik anak dengan akhlak, mengajarkan ilmu agama secara bertahap, mengajar dengan tidak berlebihan dan jauh dari rasa bosan. Selain itu, mengajar disertai dengan perhatian kepada yang diajar, mengajar melalui dialog dan tanya jawab, mengajar melalui percakapan dan pertimbangan secara akal, mengajar melalui diam, mengajar disertai senda gurau, dan mengajar dengan mengulangi ucapan hingga tiga kali.

Pembicara lainnya Dr Imam Mujahid darib IAIN Surakarta. Konferensi merupakan rangkaian Milad 21 Tahun Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus. Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus, Eny Rahma Zaenah mengatakan peran orangtua sangat penting bagi pendidikan, begitu juga sinergitas orangtua dengan pihak sekolah dalam mengawal proses pembelajaran anak.(Qom)

 

 

 

Tulis Komentar Anda