PAN Usung Gatot Nurmantyo Lewat Poros Umat

Foto: Dok

JAKARTA (KRjogja.com) - Partai Amanat Nasional ‎(PAN) sudah membidik mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk diusung sebagai calon presiden.

‎"Semangat kita poros umat, (Pak Gatot Nurmantyo) salah satu nama yang dipertimbangkan (dari luar kader) di Rakernas nanti," kata Wakil Ketua Umum PAN, Hanafi Rais saat dikonfirmasi usai menghadiri diskusi Polemik MNCTrijaya Network, Sabtu (10/3/2018).

Meskipun terdapat nama Gatot Nurmantyo sebagai capres di luar kader yang akan dipertimbangkan dalam Rakernas nanti, PAN masih satu suara untuk mengusung Ketua Umumnya, Zulkifli Hasan. Hal itu, kata Hanafi, sudah disepakati pada Rakernas tahun lalu.

"Ya, kita tentu partai mendukung kader terbaiknya, dan bagi kami Pak Zulkifli memenuhi kriteria itu‎ (sebagai capres)," terangnya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI itu menyatakan, pihaknya ‎akan menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk menentukan koalisi baru menghadapi Pilpres 2019. Kata Hanafi, pihaknya mewacanakan membuat koalisi baru yang dinamakan poros umat.

Poros umat ini nantinya akan menjadi salah satu pilihan lain di luar barisan capres yang sudah memiliki elektabil‎itas tinggi. Salah satu partai yang belum resmi menjatuhkan pilihan untuk Capres 2019 yakni, PKB, Demokrat, dan PAN.

"Masih banyak waktu untuk buka komunikasi-komunikasi politik dan itu hal yang lumrah saja. Apakah akan mengerucut pada poros baru atau poros yang lain ‎saya kira itu sangat tergantung parpol yang ikut. Tapi kalau PAN sendiri mendorong lahirnya poros umat," pungkasnya. (*) 

 

Tulis Komentar Anda