Parampara Praja DIY Tertarik Konsep Pendidikan Karakter

Parampara Praja DIY bersama Bupati Hasto. Foto: Widiastuti

WATES (KRJOGJA.com) - Parampara Praja DIY tertarik konsep pendidikan karakter yang dicetuskan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Kulonprogo. Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) juga berharap dana istimewa (danais) untuk kesejahteraan dan perubahan, yang sifatnya mendasar dalam perubahan adalah karakter.

"Seandainya pendidikan karakter bisa dibiayai dari Danais, sehingga tidak hanya infrastruktur saja. Itu akan menjadi peninggalan luar biasa karena sifatnya fundamental dan bisa merubah suatu mindset. Ini yang perlu diperjuangkan," ujar Hasto seusai audiensi dengan Parampara Praja DIY tentang implementasi Undang-undang Keistimewaan DIY di Kabupaten Kulonprogo, di ruang rapat Sermo, Jumat (09/03/2018). Parampara Praja DIY dipimpin Prof Dr H Mahfud MD bersama anggota lainnya juga berdialog dengan kepala desa (kades)  maupun camat untuk mencari masukan. 

Hasto menyatakan, Pak Mahfud sudah minta materi dengan pendidikan karakter lengkap dengan modul implementatif. "Beliau minta file saya. Menurutnya, pendidikan karakter bisa diimplementasikan tidak hanya di Kulonprogo, tapi bisa menyeluruh. Ini penting, mengingat danais banyak, khusus pendidikan karakter untuk 5 kabupaten/kota sangat signifikan," tandasnya dan berharap itu bisa menjadi masukan yang baik bagi pemegang kebijakan.

Terhadap pendidikan karakter Mahfud MD mengapresiasinya. "Secara nasional kita tidak punya pendidikan karakter itu apa. Ternyata di Kulonproggo sudah ada formatnya, sehingga bisa dikembangkan. Diberi pengembangan tertentu dan divariasi pada bagian-bagiannya, konsep pendidikan karakter bisa lebih jauh dikembangkan. Pada saatnya nanti, bisa saja konsep tersebut dipakai secara lebih luas," katanya. (Wid)

 

Tulis Komentar Anda