DIY Editor : Agus Sigit Jumat, 09 Maret 2018 / 20:35 WIB

Survei IKM Diatas Target RPJMD

WATES (KRJOGJA.com) - Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk layanan kepada masyarakat, hasilnya di atas target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Pada RPJMD tahun 2017, layanan Pemkab Kulonprogo ditargetkan 77 koma, dan dari survei 80 koma, dengan unsur penilaian meliputi ada 14 komponen sesuai dengan peraturan. Survei tersebut dilakukan Bagian Organisasi bekerjasama dengan pihak ketiga. 

Berdasar hasil survei IKM, Pelayanan Publik di Kecamatan Panjatan mendapatkan hasil paling tinggi nilainya 89,105 dengan kategori sangat baik. Kecamatan Panjatan berada di urutan pertama di lingkungan Kecamatan, II Kecamatan Nanggulan 87,17 kategori sangat baik, dan III Kecamatan Girimulyo 85,679 kategori sangat baik.
 
Lingkup Puskesmas nilai paling tinggi diraih Puskesmas Pengasih 1 meraih 88,608 sangat baik, II Puskesmas Nanggulan 87,874 sangat baik, III Puskesmas Panjatan 2 meraih 87,2 sangat baik. Layanan Publik lainnya tertinggi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (87,312) sangat baik, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (79,52) kategori baik, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (78,899) kategori baik. 

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Atas keberhasilan sembilan layanan publik itu diberikan piagam penghargaan oleh bupati yang diserahkan Plh Sekda Drs Djoko Kus Hermanto MM di Ruang Sermo, Jumat (09/03/2018). Djoko Kus Hermanto MM mengatakan, pemberian penghargaan ini penting untuk memotivasi OPD, meningkatkan implementasi tentang pelayanan sebagai amanah UU No 25 tahun 2009. "Di era teknologi informasi ini dimana masyarakat melek informasi, diharapkan jangan diabaikan layanan yang dilakukan melalui teknologi informasi," tandasnya.

Kabag Organisasi Setda Kulonprogo  Sarji SIP menyatakan, persepsi masyarakt sudah bisa nampak dengan hasil itu. Sehingga diketahui tingkat layanan publik oleh pemkab pada masyarakat. "Hasil ini nanti menjadi tolak ukur seberapa besar keberhasilan fungsi penyelenggara pemerintah dalam melayani masyarakat," ujarnya sambil menambahkan, unsur yang dinilai ada 14 komponen, antara lain standar layanan, prosedur layanan seperti apa, sarpras, tarif jika ada tarifnya. 

Camat Panjatan Sudarmanto SIP MSi menyatakan, dengan survei menjadi alat ukur evaluasi sejauhmana pelayanan yang diberikan bisa dipersepsikan dan diterima masyarakat. Sedangkan Kepala Dinas Dukcapil Drs Djulistyo berharap semua dapat maju bersama, jadi ke depan semua dapat piagam penghargaan dengan kategori baik maupun baik sekali. "Terpenting kita melakukan yang selama ini disampaikan oleh Pak Bupati, apa yang dicatat itu dikerjakan dan apa yang dikerjakan itu dicatat. Itu bisa menjadikan dorongan pelayanan publik kepada masyarakat," tandasnya. (Wid)