Bekraf-BNI Syariah Adakan Deureuham

Istimewa

 

JAKARTA, KRJOGJA.com - Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah bekerjasama  dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama  mendorong pelaku usaha ekraf berbasis syariah untuk mendapatkan akses pembiayaan lewat kompetisi  Derap Ekrafpreneur Hasanah Mulia 2018 atau Deureuham.

“Deureuham adalah kompetisi yang digelar Bekraf dan BNI Syan‘ah untuk mendorong pelaku usaha ekraf berbasis syariah mendapatkan dukungan pembiayaan dari perbankan syariah," kata Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo di Jakarta, Jumat (09/03/2018).

Dikatakan, Deureuham merupakan role model kompetisi khusus yang digelar Bekraf dalam pengembangan landscape usaha kreatif berbasis syariah di Indonesia. Kali ini ada dua kategori yang di kompetisikan adalah kategori umum untuk pelaku usaha ekraf berbasis syariah sub sektor kuliner, fashion, kriya dan desain produk serta kategori teknologi untuk sub sektor aplikasi & game, film & animasi dan fotografi.

Kriteria pelaku usaha ekraf berbasis syariah yang lolos kurasi yaitu bersifat kreatif dan inovatif, serta memiliki dampak sosial yang positif. Dijelaskan, potensi ekraf cukup besar. Ini terlihat dari kontribusi ekraf terhadap PDB  pada tahun 2016 mencapai Rp 922 triliun. Sedangkan pada tahun 2017 lalu mencapai Rp 1.000 triliun.

"Ini angka luar biasa busa mengalahkan kontribusi di sektor lain seperti kontribusi pertambangan yang mengalami penurunan, sementara kontribusi ekraf malah mengalami pejingkatan,” tegasnya. (Lmg)

Tulis Komentar Anda