Nanas, Bikin Sate Goreng Kambing Tambah Lezat

Penyajian seporsi sate goreng yang dilengkapi lalapan. (Foto: Sulistyanto)

SATE tidak melulu dibakar atau dipanggang. Ada juga yang digoreng dan ditumis menggunakan bumbu sate. Jenis sate ini sering disebut sate goreng. Agar cita rasa dagingnya enak serta empuk perlu menerapkan sejumlah kiat jitu.

Menurut salah satu juru masak di lokasi kuliner Sobo nDeso kawasan Sedayu Bantul, Eryanti, sate yang dimasak dengan digoreng dan ditumis biasa disebut sate goreng. Khususnya di Jawa Timur sering disebut juga dengan nama krengsengan. Karena tak dibakar, maka saat memasak maupun disajikan ke konsumen tanpa perlu menggunakan tusuk sate. 

Adapun kunci agar daging sate bisa lebih empuk dan tak prengus perlu direndam dahulu di larutan parutan nanas. “Daging kambing sebaiknya juga tak bersentuhan dengan air sebelum dimasak, agar aroma prengusnya tak keluar. Cukup direndam sebentar dalam larutan parutan nanas,” ungkap Eryantibaru-baru ini.

Lebih baik lagi, lanjutnya, nanas yang digunakan yakni buah nanas yang masih muda sehingga lebih cepat empuk dan bau prengusnya hilang. Selain itu perendaman daging kambing di larutan parutan nanas jangan terlalu lama, sebab jika terlalu lama merendamnya bisa memicu daging terlalu lembek. Akibatnya bisa mengurangi kelezatan serta tekstur khas daging kambing yang akan dimasak menjadi sate goreng.

“Penyajian sate goreng di tempat kami cukup diberi tambahan lalapan irisan mentimun, tomat, kol dan di atas sate goreng ditaburi bawang merah goreng,” jelasnya. (Yan)

Tulis Komentar Anda