Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 08 Maret 2018 / 08:06 WIB

DIDUKUNG BAKTI BCA

Desa Wisata Pentingsari Kembangkan Industri Makanan Khas

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pengurus Desa Wisata Pentingsari (Dewa Peri), Cangkringan, Kabupaten Sleman terus mengembangkan layanan kepada para tamu yang menginap. Salah satunya mengembangkan makanan khas bakpia yang diharapkan menjadi industri rumah tangga.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewa Peri Doto Yogantoro di sela pelaksanaan senam sehat, pengobatan gratis, pelatihan pembuatan bakpia dan hidroponik dalam rangka HUT PT Bank Central Asia (BCA) ke-6, Minggu (07/03/2018). Menurutnya dengan pelatihan yang didukung oleh Bakti BCA harapan tersebut bisa terwujud. Namun, tetap membutuhkan kreatifitas dari seluruh warga agar menjadi sajian istimewa bagi para tamu.

"Bakpia sudah menjadi ikon Yogyakarta. Kami ingin bakpia khas Pentingsari menjadi snack bagi para tamu dan berharap di masa depan bisa dikembangkan menjadi industri rumah tangga. Masyarakat bisa membuat bakpia yang berbeda dengan di pasaran, yaitu bakpia ubi ungu atau bakpia salak," papar Doto kepada wartawan.

Doto menjelaskan kehadiran bakpia akan melangkapi industri rumah tangga sebelumnya, yaitu kripik jamur. Sedangkan hidroponik akan mendukung upaya kemandirian pangan dan masyarakat bisa memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kripik jamur dan bakpia akan menjadi oleh-oleh bagi para tamu dan tidak perlu jauh-jauh membelinya. Masyarakat bisa memanfaatkan bahan lokal yang banyak tersedia. Khusus untuk hidropinik, warga bisa memetik buah atau sayuran sehai-hari tanpa harus membeli," tandasnya.


Doto menambahkan, pengurus dan anggota berencana menambah layanan lain berupa tersedianya 'shuttle bus' sampai pengadaan mobil khusus bagi wisatawan. Rencananya 'shuttle bus' digunakan untuk mempermudah mobilitas tamu di wilayah desa wisata ini. Bahkan, bisa menyewa kendaraan lain bila ingin berwisata di wilayah lainnya.

"Shuttl bus disediakan gratis untuk menjemput atau membawa barang bawaan tamu dari satu homestay ke homestay lainnya. Bila ingin berwisata di wilayah lain bisa menyewa mobil lainnya. Kami berharap rencana ini bisa terealisasi dengan tetap mengutamakan layanan prima," tandasnya.

Kepala Pengembangan Bisnis Cabang BCA Yogyakarta Wahyu Hariatmanto didampingi Head Of Corporate Social Responsibility (CSR) Ira Bachtar
menjelaskan dipilihnya Desa Wisata Pentingsari karena desa ini jadi salah satu desa binaan BCA. Karena itu, pada HUT ke-61 BCA pihaknya mengadakan program Bakti BCA di Pentingsari.

Wahyu menjelaskan kegiatannya antara lain pengobatan gratis bagi 300 warga, senam gembira, lomba mewarnai bagi TK dan SD. Lalu, edukasi pembuatan bakpia juga hidroponik dari Eastparc Yogyakarta sampai menangkap lele bagi kaum Ibu.  "Melalui edukasi ini kami berharap dapat semakin mengembangkan kewirausahaan berbabis agro di Desa Wisata ini," harapnya.(Tom)