Penyaluran BPNT Lewat Warung Rekomendasi Kades

BANYUMAS, KRJOGJA.com - Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pengganti beras sejahtra (Rastra) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Banyumas pada April 2018 mendatang disepakati melalui warung yang memenuhi kriteria. Hal ini seusui aturan dan atas rekomendasi kepala desa setempat.

Sekretaris Paguyuban Kepala Desa 'Satria Praja' Kabupaten Banyumas, Agus Listia menjelaskan kesepakatan itu dilakukan setelah paguyuban kepala desa, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospeades) dan Bank Mandiri, mengadakan pertamuan di Kantor Dinsospermades Banyumas.

"Dari hasil diskusi itu disepekati warung yang ditunjuk untuk melayani penyaluran BPNT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),lewat warung yang direkomendasi Kades dengan beberapa kriteria sesuai aturan,"kata Agus Listia, Rabu (07/03/2018).

Beberapa kriterianya seperti, pemilik warung harus melampirkan foto copy KTP, NPWP, Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Desa, lokasi warung tepi Jalan,memiliki rekening Bank,dan mengoperasikan mesin EDC.

Dihubungi terpisah Kepala Dinsospermades Banyumas, Abdulah Muhammad, membenarkan adanya hasil diskusi tersebut berkaitan rencana penyaluran BPNT. Ia menambahkan warung yang menjadi penyalur BPNT harus bisa dijangkau KPM, dan diusahakan setiap dusun atau grumbul ada. Untuk kebutuhan sembako yang disalurkan ke KPM, warung bisa mengambil dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. (Dri)

Tulis Komentar Anda