Temu Usaha Dorong Peningkatan dan Daya Tarik

Pameran beberapa produk mewarnai acara temu usaha. (Foto : Thoha)

MAGELANG, KRJOGJA.com - Eksistensi UMK dalam struktur perekonomian nasional dan daerah tidak saja berperan sebagai katup pengaman dalam penyerapan tenaga kerja, tetapi juga sebagai unit usaha yang mampu menumbuhkan wira usaha baru (WUB). Selainitu juga mampu enggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat dan mampu bertahan di tengah terjadinya krisis ekonomi global.

Demikian antara lain dikatakan Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT dalam sambutan tertulisanya yang dibacakan Drs Joko Budiyono MM di forum temu usaha (matchmaking) antara Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dengan Usaha Menengah dan Besar (UMB) yang dilaksanakan di Borobudur International Golf and Country Club (BIGCC) Magelang, Rabu (07/03/2018). Selain ada ceramah dengan nara sumber dari Kadin Jawa Tengah, dalam kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pameran beberapa produk UMK.

Diharapkan agenda ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong peningkatan dan daya tarik investasi melalui pemberdayaan terhadap UMK. Hal ini ditempuh tidak saja ditujukan untuk mendorong peningkatan daya saing, tetapi juga ditujukan untuk mendorong pergerakan ekonomi kerakyatan yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja, khususnya di Kota Magelang.

Untuk mendorong pertumbuhan UMK, lanjut Walikota Magelang, Pemerintah Kota Magelang tidak henti-hentinya setiap tahun membina para UMK lewat kerjsama dan promosi dengan anggaran APBD, yang dilaksanakan OPD terkait. Ini dilakukan dengan harapan agar UMK dapat meningkatkan investasi dalam usahanya.

“Oleh karena itu kegiatan temu usaha perlu dikembangkan terus-menerus untuk mendorong kemajuan usaha di tengah pasang-surutnya kondisi ekonomi yang berdampak langsung terhadap kepentingan Usaha Mikro dan Kecil (UMK),” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga dikatakan temu usaha ini diharapkan tidak berhenti pada semangat dan kesepakatan, namun perlu benar-benar mewujudkan dalam kegiatan konkrit dari aspek-aspek bidang usaha yang dikembangkan sesuai dengab mekanisme, prosedur dan target-target ekonomis yang dicapai. (Tha)

Tulis Komentar Anda