Jateng Editor : Agus Sigit Rabu, 07 Maret 2018 / 11:42 WIB

Pjs Bupati Magelang Buka Musrenbang RKPD

MAGELANG (KRjogja.com) - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Magelang, Drs Tavip Supriyanto, MSi membuka Musrenbang RKPD Tahun 2019, di GOR Gemilang Kota Mungkid, Rabu (07/03/2018). Musrenbang RKPD ini, merupakan salah satu tahap dari serangkaian proses perencanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh jajaran Pemkab Magelang untuk perencanaan tahun 2019. 

"Musrenbang ini tidak hanya untuk memusyawarahkan, membahas, dan mengkomunikasikan kegiatan tahun 2019 saja, tetapi juga harus fakus pada pencapaian target-target dalam RPJMD. Apalagi tahun 2019 ini merupakan tahun terakhitr pelaksanaan RPJMD tahun 2014-2019 dan merupakan tahap akselerasi. Oleh karena itu, evaluasi pelaksanaan pembangunan menjadi hal yang penting dalam rangka menentukan program pembangunan yang menjadi prioritas," kata Pjs Bupati Magelang, saat membuka Musrenbang tadi.

Sekretaris Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Gunawan Yudi Nugroho mengatakan, penyusunan RKPD Tahun 2019 ini, sudah melalui proses inventarisasi, klasifikasi, sinkronisasi, dan seleksi usulan program/kegiatan yang terpadu dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dengan beberapa tahapan Musrenbang Desa (Juli 2017), Musrenbang Kelurahan (Januari 2018), Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD (9 Januari 2019), Musrenbang Kecamatan (23-25 Januari 2018), Rapat Teknis (30 Januari-1 Februari 2018), Forum SKPD (7-14 Februari 2018), Forum Rumpun SKPD (19-21 Februari 2018), Verifikasi Rancangan Renja SKPD (22-24 Februari 2018). 

"Keseluruhan proses ini memerlukan koordinasi antar satuan kerja dan partisipasi aktif seluruh pelaku pembangunan. Kreativitas dan inovasi di dalam perencanaan perlu dikembangkan, agar apa yang dicita-citakan Kabupaten Magelang segera terealisasi," imbuhnya.

Sementara maksud dari pelaksanaan Musrenbang RKPD ini adalah sarana musyawarah stakeholder kabupaten untuk mematangkan rancangan RKPD Tahun 2019. Sedang tujuannya adalah untuk mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif pendanaan berdasarkan urusan SKPD. "Materi yang dibahas dalam Musrenbang adalah Rancangan RKPD Kabupaten Magelang Tahun 2019," ujarnya.

Sedang peserta Musrenbang terdiri dari Forkopimda, DPRD, Sekretaris Daerah, para asisten, para staf ahli Bupati, SKPD, Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan Bappeda Kabupaten/Kota tetangga, instansi vertikal, perguruan tinggi, Ormas, Organisasi Profesi, LSM, maupun organisasi masyarakat, delegasi kecamatan dengan jumlah undangan sebanyak 222 undangan. Selanjutnya pada tanggal 8 Maret 2018 dilaksanakan Sidang Komisi Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Sidang Komisi Tata Ruang, Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur, Sidang Komisi Pemerintahan, Sosial dan Budaya dan dilanjutkan penutupan musrenbang. "Melalui Musrenbang ini diharapkan masukan dan aspirasi masyarakat guna penyempurnaan rancangan RKPD yang selanjutnya akan menjadi rancangan akhir RKPD Kabupaten Magelang Tahun 2019," pungkasnya. (Bag)