Masalah Warisan, Kerabat Dekat Dibacok

Tersangka Ama nekat aniaya kerabat karena sengketa warisan. (Foto: Jarot S)

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Petani berinisial Ama (46) warga Desa Grantung Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo ditangkap Satreskrim Polres Purworejo. Pria itu nekat membacok Triyono (50), kerabat dekat tersangka yang juga warga Grantung hanya karena masalah warisan.

Kejadian tersebut diawali usaha Ama membuat sertifikat tanah warisan dari almarhum ayahnya lewat program Prona beberapa bulan terakhir. Namun usaha itu terkendala dan sertifikat tidak kunjung jadi.

Tersangka menuduh korban ada di balik gagalnya usaha sertifikasi tanah warisan itu. "Tersangka ini jengkel, menuduh korban yang kakak sepupu sendiri itu menghalangi," kata Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Kholid Mawardi mewakili Kapolres AKBP Teguh Tri Prasetya SIK, kepada KRJOGJA.com, Selasa (6/3/2018).

Tersangka mencoba menyelesaikan persoalan itu secara musyawarah, namun tidak berhasil. Puncaknya, kata Kholid, tersangka menganiaya korban yang sedang mengendara sepeda motor di jalan Desa Grantung pada 28 Februari 2018 pagi.

Emosi pelaku yang baru pulang membersihkan rumput di sawah tersulut saat bertemu Triyono, lalu mengayunkan parang sepanjang 70 sentimeter mengenai kaca spion motor korban. Ama kembali membacokkan parang mengenai tangan kanan korban, menyebabkan luka robek dan patah tulang. "Pelaku ketakutan dan bersembunyi, sedangkan korban dibawa ke rumah sakit, lalu melapor ke polisi," ucapnya.

Polisi mengamankan pelaku tanpa perlawanan dan menggelandangnya ke tahanan Polres Purworejo. Ama terancam penjara maksimal lima tahun karena diduga melanggar Pasal 351 ayat 2 KUHP tentang penganiayaan. "Seharusnya persoalan perdata diselesaikan secara musyawarah, tetapi tersangka justru tidak bisa mengendalikan emosinya," ujarnya.

Sementara itu, Ama mengaku khilaf dan menganiaya korban karena menilai persoalan tanah waris itu tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan. "Itu tanah waris dari ayah saya, turunnya ke saya," tandasnya.(Jas)

Tulis Komentar Anda