'Rest Area' akan Dibangun di Semin dan Purwosari

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - 'Rest Area' yang dibangun di Kabupaten Gunungkidul, hingga kini belum berfungsi maksimal dan dibeberapa titik masih sepi. Melihat keadaan tersebut, Pemkab Gunungkidul berencana akan memaksimalkan 'rest area' dan rencananya akan dibangun tidak hanya untuk memberikan pelayanan namun juga menghidupkan kegiatan ekonomi masyarakat.

"Saat ini 'rest area' Bunder masih belum optimal dan kami akan usahakan untuk bisa ditingkatkan dan diperluas agar lebih representatif," kata Sekda Kabupaten Gunungkidul Ir Drajad Ruswandono, Jumat (02/03/2018).

Nantinya, 'rest area' akan dijadikan tempat yang nyaman bagi pengunjung maupun wisatawan yang datang di Kabupaten Gunungkidul. Tak hanya dengan lingkungan hijau dan rimbun lantaran dibangun di kawasan hutan, namun juga akan menggelar sejumlah atraksi kesenian agar semakin menarik.

Untuk mewujudkan program tersebut dibutuhkan peran beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Dengan 'rest area' yang ramai pengunjung, kami harapkan bisa menjadikan usaha mikro kecil dan menengah berkembang," urainya.

Pemkab juga akan membangun dua 'rest area' baru di wilayah Kecamatan Semin dan Purwosari. Dua lokasi tersebut dipilih lantaran merupakan pintu masuk wisatawan ke Gunungkidul. Saat ini pihaknya telah sampai pada tahap penyediaan lahan dan akan segera dilakukan pembangunan.

Calon lokasi rest area di wilayah Semin sudah didukung dengan ketersediaan lahan seluas 5.000 meter persegi. Sedangkan untuk Kecamatan Purwosari belum ada dan masih menunggu rencana proyek yang akan dibangun di atas Pantai Parangtritis.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Harry Sukmono menambahkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti instruksi dari Sekda yang ingin menghidupkan kembali 'rest area' Bunder. Namun demikian, untuk langkah lebih lanjut, Pemkab Gunungkidul akan terlebih dahulu berkomunikasi dengan Dinas Kehutanan DIY. “Hal ini kita lakukan karena lahan Rest Area Bunder merupakan tanah kawasan kehutanan,“ terangnya. (Bmp)

Tulis Komentar Anda