Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 02 Maret 2018 / 14:11 WIB

DLH Banyumas Layani Jemput Sampah Online

BANYUMAS,KRJOGJA.com- Trobosan baru Pemkab Banyumas untuk mengantispasi tumpukan sampah di masyarakat.Pemkab Banyumas melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal, dengan meluncurkan aplikasi jemput sampah secara  online (Jempolan) berbasis android.

"Layanan pengambilan sampah secara online itu diperuntukkan untuk sementara diperuntukan bagi warga yang melakukan kerja bakti di lingkungannya khususnya pada hari Minggu," kata Kepala DLH, Suyanto,Jumat (2/3/2018).

Menurut Suyanto aplikasi jemput sampah online 'Jempolan' adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan transaksi penjemputan sampah. Nantinya user dapat melakukan pemesanan penjemputan sampah dengan memilih area penjemputan sampah, driver dan jenis armada yang digunakan untuk penjemputan. 

Kemudian, kata Suyanto driver akan memperoleh notifikasi pemesanan yang dilakukan oleh user. Masyarakat dapat mengunduh apilkasi Jempolan melalui play store.Untuk sementara tahap awal ini layanan online  tersebut difokuskan untuk warga di empat kecamatan eks Kotip Purwokerto.  "Ke depan tidak menutup kemungkinan layanan penjemputan sampah dapat dilakukan di 27 kecamatan yang ada."

Plt Bupati Banyumas, Budhi Setiawan,menambahkan Aplikasi jemput sampah online "Jempolan" merupakan inovasi dan terobosan, dengan menggunakan teknologi informasi, yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, untuk melayanani masyarakat.(Dri)