Siswa SMA N 2 Wates Unjuk Karya Seni

Penampilan para siswa dalam karyanya (Widiastuti)

WATES, KRJOGJA.com - Para siswa kelas XII SMA Negeri 2 Wates menampilkan karya seni budayanya dalam "Gebyar Unjuk Karya", Senin (26/02/2018) di aula SMA setempat. Kegiatan tersebut merupakan ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya serta Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU).

"Kegiatan tersebut merupakan ujian praktik bagi kelas XII. Para siswa agar menampilkan rancangan dan mementaskannya. Mata pelajaran Seni Budaya, siswa menciptakan tari dan musik pengiring untuk dipentaskan, dan mapel PKWU anak-anak mengadakan pameran hasil karya siswa," ungkap Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum Dra Hj Vipti Retna N MEd.

Dari kegiatan itu, kata Dra HJ Vipti juga menunjukkan SMA N 2 Wates sebagai unggulan sekolah rujukan seni budaya dan film, maka seni budayanya ditampilkan optimal baik video maupun filmnya dikerjakan oleh siswa sendiri.

Kepala Sekolah SMA N 2 Wates, Dra Dwi Martini MPdSI menyatakan, sebagai sekolah berbasis budaya, pihaknya memberikan pula pendidikan karakter kepada anak-anak. "Adanya pentas seperti ini bisa mengugah percaya diri pada anak dan memupuk kerja sama dalam pentasnya, karena antar kelas, sehingga kreativitas muncul," katanya.

Menurut Dwi Martini, bila ujian praktik hanya di hadapan guru yang menguji saja sepertinya sudah biasa dan kurang ada nilai plusnya, karena itu dengan adanya pentas, selain ujian praktik maka pendidikan karakternya juga kena. "Ini dilihat pula oleh adik kelas, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat untuk mereka, sehingga ke depan ketika kelas XII sudah punya bekal atau inspirasi," ujar Dwi Martini. (Wid)

Tulis Komentar Anda