UU Kewirausahaan, Pemerintah Wajib Alokasikan Dana

Jazuli Juwaini (kiri) dan Sukamta saat memberikan keterangan pada wartawan (Harminanto)

SLEMAN, KRJOGJA.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Kewirausahaan saat ini sedang dalam proses pembahasan antara DPR RI dengan Pemerintah. Rancangan yang dimaksudkan sebagai payung hukum terkait akses permodalan masyarakat tersebut ditargetkan bisa disahkan pada akhir 2018. 

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwanini mengatakan partainya terus mendorong agar RUU Kewirausahaan segera disahkan tahun 2018. Sebab, payung hukum terkait kewirausahaan selama ini belum ada sehingga membuat akses akan modal dianggap sulit bagi masyarakat kalangan menengan kebawah. 

“Target kami disahkan akhir 2018, sehingga masyarakat khususnya menengah kebawah mudah mengakses modal. Selama ini memang ada bank yang memberikan kredit mudah pada masyarakat namun bunganya tetap tinggi, jadi sama saja sebenarnya,” ungkap Jazuli pada wartawan di sela Rapat Pleno Luar Biasa Legislator PKS seluruh Indonesia di Alana Rabu (14/2/2018). 

PKS menurut Jazuli menganggap UU Kewirausahaan menjadi jalan terang memerdekakan masyarakat secara ekonomi dalam makna sesungguhnya. “Ruhnya itu bagaimana orang yang menganggur tak punya aktivitas usaha bisa mudah mengakses modal, agar tidak seperti selama ini ibaratnya seperti kambing diminta lari tapi dipegang ekornya jadi sama saja. Nah undang-undang ini nantinya tidak seperti itu,” sambungnya. 

Sekretaris Fraksi PKS DPR RI Sukamta menambahkan selama ini memang belum ada payung hukum yang memungkinkan pemerintah menyediakan pos APBN untuk alokasi modal masyarakat. Undang-undang Kewirausahaan menurut Sukamta akan menjadi payung hukum untuk mewujudkan alokasi tersebut. 

“Pemerintah selama ini retorikanya bagus, tapi sebenarnya belum ada payung hukum untuk menaungi kewirausahaan. Kami ingin memberikan payung hukum dalam bentuk UU jadi siapapun pemerintahnya nanti mau tidak mau harus mengalokasikan sekian Rupih untuk wirausahawan baru,” terangnya. (Fxh) 

Tulis Komentar Anda