JK Berencana Kunjungi Afghanistan

JAKARTA, KRJOGJA.com - Setelah Presiden Joko Widodo mengunjungi Afghanistan akhir Januari lalu, kini Wakil Presiden Jusuf Kalla direncanakan akan bertandang ke negara di Asia Selatan itu pada 28 Februari mendatang.

Duta Besar Indonesia untuk Afghanistan, Arief Rachman, mengatakan JK akan berkunjung ke Kabul sebagai tamu kehormatan dalam acara konferensi proses perdamaian Kabul. "Bu Menteri Luar Negeri [Retno Marsudi] sudah bilang bahwa Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengundang Pak JK untuk jadi tamu khusus dalam Kabul Peace Process. Pak JK juga sudah konfirm bersedia datang," ucap Arief.

Arief mengatakan, dalam pertemuan nanti, JK kemungkinan akan menyampaikan sejumlah pengalaman Indonesia mengenai resolusi dan penanganan konflik internal. Menurut Arief, pertemuan tersebut merupakan salah satu upaya proses perdamaian yang diinisiasi sendiri oleh pemerintah Afghanistan tanpa campur tangan negara asing.

Selain tokoh-tokoh dan kelompok masyarakat terkait, sebanyak 24 perwakilan negara sahabat juga akan hadir dalam acara itu. Namun, Arief mengatakan puluhan negara itu hanya akan menjadi pengamat dalam konferensi tersebut.

Dalam pertemuan nanti, ujarnya, pemerintah dan tokoh-tokoh internal akan berdialog mendiskusikan langkah konkret untuk merealisasikan perdamaian. (*)

Tulis Komentar Anda