DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 14 Februari 2018 / 16:39 WIB

Siswa SD Kanisius Demangan Baru Saksikan Pentas Barongsai

SLEMAN, KRJOGJA.com - Perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina yang diperingati sebagian masyarakat Indonesia tampaknya menjadi sebuah cerminan kebhinekaan. Tak heran jika kemudian momentum tersebut digunakan sebagai ajang belajar dan menimba pengalaman tentang beragam kebudayaan yang ada di Indonesia.

Salah satu yang memanfaatkan momentum tersebut adalah siswa SD Kanisius Demangan Baru 1 Sleman. Ratusan siswa menyaksikan pentas Barongsai yang sangat identik dengan Perayaan Imlek, Rabu (14/02/2018) siang.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Tepat selepas melaksanakan ibadat Rabu Abu, para siswa langsung bergegas menuju salah satu ruang di sekolah tersebut. Para pelaku kesenian Barongsai sudah bersiap akan beraksi menyuguhkan penampilan terbaik di hadapan anak-anak tersebut.

Yohanes Hariyanta SPd selaku kepala sekolah SD Kanisius Demangan Baru 1 mengatakan pertunjukkan Barongsai yang digelar hari ini secara khusus dimaksudkan sebagai ajang belajar tentang kebhinekaan untuk para siswa. Momentum yang bertepatan dengan ibadat Rabu Abu yakni dimulainya masa pantang dan puasa menjelang Paskah menambah makna tentang saling menghargai keberagaman.

“Kami berharap dengan kegiatan semacam ini kesadaran anak-anak akan kebhinnekaan budaya Indonesia semakin bertumbuh, terlebih dalam keseharian mereka menghadapi teman-teman sekolahnya yang beranekabudaya dan agama. Sekolah berharap kedepan mereka mempunyai wawasan kebangsaan dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa,” ungkapnya.

SD Kanisius Demangan Baru 1 menurut Hariyanta terus menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman dalam beragama dan berbudaya seperti tertuang dalam nilai-nilai Kanisius. “Kami di sekolah ini mengedepankan nilai kasih, disiplin, cerdas, berani dan jujur,” pungkasnya.

Dalam pertunjukkan Barongsai, anak-anak tak hanya menyaksikan saja. Mereka diperbolehkan menjajal sendiri memainkan liong yang ternyata ditanggapi dengan sangat antusias. (Fxh)