Pendidikan Editor : Ivan Aditya Rabu, 14 Februari 2018 / 15:50 WIB

UMS Jalin Kerjasama dengan Victoria University Australia

SOLO, KRJOGJA.com - Dalam upaya percepatan internasionalisasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjalin kerjasama dengan Victoria University Australia. Percepatan internasionalisasi difokuskan pada tiga program meliputi Sekolah Vokasi, Engineering dan Pendidikan. Tiga bidang itu diantata yang paling menonjol di Victoria University.

"Kekuatan tiga bidang itu juga dimiliki UMS. Jadi kita optimis bisa brrkembang dengan adanya kerjasama dengan Victoria University," ungkap Dr Sofyan Anif, rektor UMS kepada KRJOGJA.com, Rabu (14/02/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Ia didampingi sekretaris rektor Dr Anam Sutopo melakukan MoU dengan Victoria University bersama 19 Rektor PTM dibawah pimpinan delegasi Majelis Diktilibang PP Muhammadiyah. Sebenarnya banyak yang menonjol di Victoria University. Perguruan tinggi ini terbaik kedua di Australia, namun UMS fokus dengan Sekolah Vokasi, Engineering dan Pendidikan.

“Jadi sebenarnya banyak yang menarik. Tapi kami memilih tiga bidang itu karena sesuai dengan yang dibutuhkan UMS," tambah Anam.

Itu sesuai dengan permintaan rektor Sofyan Anif agar kedepan lebih cepat membuahkan hasil. Berikutnya UMS merencanakan koordinasi dan action plan terkait tiga bidang itu guna menangani implementasinya.

Menurut Sofyan Anif kerjasama bida saja diperluas dengan melakukan student mobility, staff exchange dan penjajagan program double degree. Berikutnya peningkatan kerjasama akan ditangani Biro Kerjasama dan Urusan Internasional UMS. Delegasi ke Australia dipimpin Ketua Majelis Diktilitbang PP Muh Prof Dr Lincolin Arsyad. (Qom)