Wilayah Australia Selatan Dilanda Kebakaran Hebat

Ilustrasi (Foto:doc)

AUSTRALIA, KRJOGJA.com - Sebuah kebakaran lahan di bagian terpencil Australia Selatan dan Wilayah Utara Australia, telah melahap area semak belukar yang cukup luas. Sayangnya, kebakaran tersebut tidak disadari dengan segera oleh masyarakat Australia, sebelum akhirnya mulai dilakukan proses pemadaman pada akhir pekan lalu.

Dilansir dari laman Australia Plus pada Selasa (13/2/2018), kebakaran lahan itu dimulai di dekat Ernabella di APY Land, Australia Selatan, pada hari Kamis, 8 Februari 2018. Kebakaran itu telah menghanguskan sekitar 125.000 hektar, atau 1.250 kilometer persegi, yakni terdiri dari lahan peternakan dan semak belukar.

Luas kawasan yang terbakar itu empat kali lebih besar dari Maladewa, dan hampir dua kali lebih besar luasnya dari Singapura, Bahrain atau Tonga.

Kebakaran lahan ini merambat disebabkan oleh suhu tinggi dan angin yang berhembus kencang, kobaran api raksasa juga telah menyeberang ke utara Australia.

Pejabat dari Dinas Pemadam Kebakaran Negara Bagian Australia Selatan,  Peter Ikonomopoulos, mengatakan terlepas dari besarnya kobaran api yang terjadi, sejauh ini belum ada laporan kerusakan properti di daerah yang sangat terpencil di pedalaman Australia itu.

Dia mengatakan bahwa pasukan relawan yang dipimpin oleh masyarakat adat setempat menjadi pihak yang pertama tiba di lokasi kebakaran.

"Kru Pemadam Kebakaran Pedesaan (CFS) dari Ernabella, Amata dan Mimili menanggapi kebakaran di dekat Taman Kenmore," kata Ikonomopoulos.

"Karena keganasan dan volume api, tambahan petugas pemadam kebakaran didatangkan dari Coober Pedy, Roxby Downs, Mintabie dan Marla, untuk memberikan bantuan."(*)

Tulis Komentar Anda