Spurs Paksa Imbang Juventus 2-2 di Allianz Stadium

Foto: Okezone

TURIN (KRjogja.com) – Juventus harus puas bermain imbang dengan skor 2-2 kala menjamu Tottenham Hotspur dalam lanjutan leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2017-2018. Sempat unggul cepat melalui gol yang dicetak Gonzalo Higuain, Juve nyatanya tak bisa mempertahankan keunggulannya tersebut dan malah membiarkan Spurs mengembangkan permainan serta menekan.

Pertandingan dimulai dengan permainan menekan yang ditunjukkan Juventus. Terbukti, baru dua menit laga berjalan, klub berjuluk La Vacchia Signora itu sudah langsung membuka keunggulan. Gol pertama Juve dicetak oleh Gonzalo Higuain melalui sepakan setengah volinya.

Pada awalnya Juve mendapatkan hadiah tendangan bebas lantaran Mousa Dembele melanggar Miralem Pjanic. Gelandang berpaspor Bosnia Herzegovina itu pun yang mengambil eksekusi tendangan bebas. Alih-alih mengirim bola langsung ke gawang, Pjanic lebih memilih memberikan umpan kepada Higuain yang berdiri bebas. Sang striker pun dengan leluasa menceploskan bola ke gawang Spurs yang dikawal Huggo Lloris. 1-0 Juve memimpin.

Selepas gol pertama, kepercayaan diri para pemain Juve langsung meningkat drastis. Skuad asuhan Massimiliano Allegri itu kini lebih gencar mengintimidasi pertahanan Spurs. Hasilnya, pada menit kesembilan mereka menggandakan keunggulannya.

Gol kedua Juve kembali dicetak oleh Higuain, namun kali ini dari eksekusi penalti. Benjamin Davies melakukan pelanggaran terhadap Federico Bernardeschi di kotak terlarang. Wasit pun tak ragu meniup peluit dan menunjuk titik putih. Higuain yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menggandakan keunggulan timnya. Juve pun memimpin 2-0.

Seiring laga berlangsung, Spurs pun mulai dapat keluar dari tekanan dan justru beberapa kali balas menyerbu pertahanan Juve. Sejumlah peluang emas sempat didapat Spurs, namun rapatnya baris pertahanan Juve membuat gol bagi tim tamu tak kunjung tercipta.

Gol yang dinantikan Spurs baru tercipta di menit ke-35. Adalah Harry Kane yang menceploskan bola ke dalam gawang Juve usai menerima umpan sodoran Dele Alli. Lolos dari jebakan off-side, Harry Kane lekas melesat menuju gawang Juve. Ia pun sempat menggocek Gianluigi Buffon sebelum mengirimkan bola ke dalam gawang. Skor kini 2-1.

Pada pengujung babak pertama, Juve sebenarnya memiliki peluang memperbesar keunggulannya lantaran mendapat hadiah penalti. Namun sayang, Higuain yang menjadi eksekutor, kali ini tak menjalankan tugasnya dengan baik. Bola sepakannya terlalu kencang dan membentur mistar gawang. Babak pertama pun usai dengan skor 2-1.

Di babak kedua, Spurs mencoba tampil lebih berani lagi guna menyamakan kedudukan. Hasilnya tak percuma, klub berjuluk The Lilywhites itu sukses menyamakan skor Juve menjadi 2-2 pada menit ke-73 melalui Christian Eriksen melalui tendangan bebas.

Dele Alli yang semula menggiring bola dilanggar oleh Giorgio Chiellini, sehingga wasit meniup peluit untuk memberikan hadiah kepada Spurs tendangan bebas. Eriksen yang mengeksekusi, tidak menembakkan bola melambung melewati pagar betis, namun menendangnya secara mendatar ke wilayah yang tidak ada pagar betisnya. Buffon yang sudah salah langkah membaca arah bola, tak bisa mengelakkan si kulit bundar menuju gawangnya. Skor kini sama kuat 2-2.

Skor imbang 2-2 tersbeut terus bertahan hingga laga usai. Dengan hasil ini, jelas Juve memiliki tugas berat kala bertandang ke markas Spurs pada leg kedua. Pasalnya, untuk bisa lolos ke permpatfinal Juve harus mencetak gol dan memenangkan laga. (*)

Tulis Komentar Anda