Peristiwa Editor : Ivan Aditya Rabu, 14 Februari 2018 / 06:17 WIB

Para Dubes Diminta Pantau Kekuatan Negara Lain

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto meminta seluruh kepala perwakilan RI di luar negeri memantau kekuatan dan perkembangan negara lain, terutama dalam hal politik, keamanan, dan ekonomi.

Meski penguatan relasi dan kerja sama dengan negara lain harus tetap diutamakan oleh diplomat-diplomat Indonesia di luar negeri, menurut Wiranto, perwakilan RI juga mesti memantau pergerakan dan strategi negara lain untuk memetakan tantangan bagi Indonesia.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Jika kita ingin maju sebagai bangsa, kita harus tahu tantangan apa yang kita hadapi, pesaingnya siapa, dan kekuatan pesaing kita seperti apa agar bisa merumuskan konsep untuk bisa menang dalam suatu persaingan global yang sangat ketat ini," kata Wiranto.

Wiranto mengatakan globalisasi memicu perubahan konstelasi dan tantangan global, termasuk kemajuan teknologi pesat yang turut memicu peredaran hoaks dan peningkatan serangan siber. Hal tersebut juga mesti bisa diantisipasi oleh para dubes di luar negeri.

"Sekarang ini tantangan global, regional, dan nasional berbeda tapi saling berhubungan. Ini adalah salah satu perubahan lingkungan yang harus kita ketahui bersama, termasuk para dubes kita di luar negeri," ujarnya. (*)