Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Selasa, 13 Februari 2018 / 17:10 WIB

Lulusan Vokasi UMY Dibekali Sertifikasi Keahlian

YOGYA, KRJOGJA.com - Menghadapi tantangan dan ketatnya pasar kerja global, kompetensi dan sertifikasi keahlian dari lulusan pendidikan vokasi menjadi penting. Karena itu, Pendidikan Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakrta (UMY) terus meningkatkan mutu pendidikan dan kerjasama.

Direktur Program Vokasi UMY Dr Bambang Jatmiko SE MSi menyatakan, pendidikan vokasi terus menghadapi tantangan tidak mudah, seiring kemajuan teknologi dan informasi, serta globalisasi. Karena itu, pembenahan program studi (Prodi) menjadi penting, juga meningkatkan kerja sama dengan industri dan asosiasi profesi.

Harapannya mahasiswa memiliki kemampuan kompeten sesuai standar industri. Misal mahasiswa Teknik Mesin dapat praktek di industri yang sudah bekerjasama dengan UMY. Untuk mahasiswa Teknik Elektromedika dapat praktek di seluruh jaringan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah atau Rumah Sakit lainnya di daerah Yogyakarta dan Jateng.

“Selain itu, ketika mahasiswa menyelesaikan program pendidikan mereka juga akan mendapatkan sertifikasi keahlian dari Organisasi Profesi yang berkaitan. Misalnya mahasiswa Teknik Elektromedik akan mendapatkan sertifikasi dari APTEMI (Asosiasi Pendidikan Tinggi Elektromedik Indonesia)," katanya. (R-3)