Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 13 Februari 2018 / 12:11 WIB

Indonesia Raih Emas Tes Even Bola Basket Asian Games

JAKARTA, KRJOGJA.com - Tim nasional bola basket putra Indonesia meraih medali emas tes even Asian Games 2018. setelah pada babak final di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018) malam.

Prastawa dkk sukses menggebuk India dengan skor 78-68. Tampil tanpa kaptem tim, Arki Dikania Wisnu karena cedera, Indonesian tampil menekan sejak tip off. Hasilnya, indonesia langsung unggul 4-0 melalui tembakan Christian 'Dodo' Sitepu dan Xaverius Prawiro.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Sempat memimpin 13-7, Indonesia menyelesaikan kuarter pertama dengan memimpin 21-20. Di kuarter kedua, India masih belum mampu membendung anak-anak asuh Fictor Roring yang mengandalkan tembakan tiga angka

Meski sempat mendekatkan skor menjadi 28-30, India tak mampu memanfaatkan mometum tersebut.Indonesia akhirnya menutup kuarter kedua dengan skor 39-30 setelah Andakara Prastawa melesakkan tembakan tiga angka.

Usai jeda, Indonesia yang melaju semakin cepat. Lima menit kuarter ketiga berjalan, dua tembakan tiga angka secara beruntun dari Valentino Wuwungan dan Andakara Prastawa membawa Indonesia memimpin 53-37. Tembakan tiga angka kapten India Yadwinder Singh di akhir kuarter ketiga tak bisa membuat timnya melampaui Indonesia yang mengakhiri kuarter itu dengan memimpin 58-45.

Tembakan tiga angka sempurna dari Valentino Wuwungan yang menjadikan skor 61-47 membuka kuarter keempat. Tembakan dua angka pemain India Aravind Annadurai sempat membuat skor mendekat 65-69, tetapi Indonesia akhirnya sukses memenangkan pertandingan dengan skor 78-68.

Andakara Prastawa menjadi bintang Indonesia di pertandingan itu setelah membuat catatan tertinggi 18 poin, tujuh rebound dan tujuh assist. Di kubu India Aravin Annadurai yang mencatatkan angka terbanyak dengan 25 poin dan 19 rebound.

"Kita bisa menyenangkan masyarakat pecinta basket dengan merebut emas Test Event Asian Games 2018.Dua hari awal kita off banget, tapi dua hari terakhir ya beda sekali," ujar Kepala Pelatih Timnas Basket Putra Fictor Roring usai laga.

"Kita cari kelemahan gim pertama, kita bisa membatasi Bigman mereka. Kita sudah siapkan setelah dibentuk bulan november, cuma ada IBL yang harus kita sesuaikan. Kita tidak punya kesempatan kumpul, tetapi kita jadikan ajang IBL dan ABL ajang seleksi," papar Victor. (Fon)