DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 13 Februari 2018 / 04:10 WIB

Hujan Deras, Longsor Timpa Rumah Surawan

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Hujan deras dengan intensitas tinggi, Minggu (11/02/2018) malam, mengakibatkan rumah milik Surawan (55 tahun) warga RT 16 RW 8, Plono Barat Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh, terkena tanah longsor dan tidak layak dihuni lagi. Sebagian besar tertimbun tanah, dan hanya sebagian yang terlihat.
 
Dituturkan Drs L Bowo Pristiyanto tetangga korban, sepanjang sore hingga malam di sekitar Pagerharjo Samigaluh diguyur hujan dengan intensitas yang sangat tinggi. Sekitar pukul 22.00 WIB, tebing setinggi sekitar 30 meter di sebelah rumah Surawan longsor menimpa rumah. Akibat longsor tersebut rumah rusak berat tidak bisa dihuni lagi. Sementara keluarga korban mengungsi di tetangga sekitar, sambil menunggu proses perbaikan.

"Rumah dengan penghuni 5 jiwa semua selamat, sebab ketika terjadinya longsor, anak-anak Surawan sedang berada di tempat neneknya. Sementara Surawan sedang memasak mie di dapur, sehingga tidak terkena longsor," ungkap Bowo, Senin (12/02/2018).
 
Bowo memperkirakan, kerugian korban longsor rumah yang terletak di dekat Jalan Propinsi ruas Plono – Kaliancar tersebut, sekitar Rp 40 juta hingga Rp 50 juta, meliputi rumah dan perabotan rumah tangga. Gotong royong sudah dilakukan warga dan pemerintah desa serta para relawan langsung melakukan penanganan.(Wid)