Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Selasa, 13 Februari 2018 / 01:31 WIB

BERKONTRIBUSI BESAR TINGKATKAN KESEHATAN MATA

Prof Suhardjo Terima Penghargaan dari APAO

YOGYA, KRJOGJA.com - Guru Besar Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta, Prof dr Suhardjo SU SpM(K) menerima penghargaan Distinguished Service Award dalam kongres para spesialis mata Asia Pasifik 'The 33rd Asia-Pacific Academy of Ophthalmology (APAO) Congress' di Hongkong, 8-11 Februari 2018. Penghargaan diserahkan oleh President APAO Prof Charles McGhee.

Penghargaan ini sangat bergengsi, diberikan pada spesialis mata yang telah berkontribusi besar pada peningkatan pelayanan kesehatan mata masyarakat di negaranya. Prof Suhardjo adalah senior konsultan subdivisi oftalmologi komunitas yang berperan dalam berbagai kegiatan promosi kesehatan, pencegahan dan penanganan penyakit mata komunitas. Fokus kegiatan yang dilaksanakan antara lain pemberantasan buta katarak, manajemen kelainan refraksi pada anak dan dewasa serta skrining Retinopati Diabetika bekerja sama dengan subdivisi vitreoretina.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

prof Suhardjo mengatakan, kegiatan pemberantasan buta katarak dilaksanakan diberbagai daerah yang membutuhkan dengan tujuan menangani kebutaan yang reversible (dapat dipulihkan). Sementara koreksi kelainan refraksi didasari adanya booming myopia di masyarakat. "Pemeriksaan kejadian Retinopati Diabetika didasari tingginya kasus Diabetes Melitus di masyarakat bertujuan memeriksa secara dini kelainan mata pada penderita DM," terang Prof Suhardjo kepada KRjogja.com, Senin (12/2/2018).

Berbagai kegiatan subidivisi oftalmologi komunitas Ilmu Kesehatan Mata FK UGM telah diawali sejak tahun 1988 bersama Alm dr Mu’tasimbillah Ghozi SpM(K) dan Alm Prof Dr dr Budiharjo SpM(K) dalam deteksi dini glaukoma. Kegiatan ini didasari kewajiban untuk mengamalkan tridharma perguruan tinggi yaitu penelitian, pendidikan dan pengabdian termasuk meningkatkan kualitas kesehatan mata masyarakat. (Dev)