Gaya Hidup Agregasi    Senin, 12 Februari 2018 / 16:57 WIB

6 Minuman Tradisional Ini Ampuh Usir Bau Badan

RASANYA tidak ada orang yang ingin mengalami masalah bau badan, terutama kaum hawa. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya cara yang dilakukan adalah memakai deodoran atau menyemprotkan minyak wangi. Ada juga yang memilih untuk melakukan cara tradisional seperti luluran atau meminum ramuan tertentu.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu atau tidak suka luluran, minum ramuan tradisional bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya tidak lama, bahan-bahannya dapat dengan mudah ditemukan. Melansir berbagai sumber, Sabtu (10/2/2018), inilah deretan minuman tradisional yang bisa menghilangkan bau badan:

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Air jahe

Tak hanya berguna untuk menghangatkan badan, rebusan air jahe juga bisa menghilangkan aroma tak sedap di tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan jika jahe memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Seperti yang diketahui, penyebab bau badan adalah bakteri atau jamur. Jahe mengandung minyak zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, dan resin yang bisa membuat tubuh menjadi lebih wangi.


Air rebusan daun sirih

Tanaman ini sudah lama digunakan untuk menghilangkan bau badan. Daun sirih mengandung minyak astiri, estragol, terpen, gula, pati, dan beberapa zat lainnya yang berfungsi sebagai antibakteri dan mencegah keringat berlebih. Untuk mendapatkan manfaatnya, beberapa helai daun sirih tinggal direbus kemudian airnya diminum secara rutin.

Air rebusan daun beluntas

Tanaman yang biasa digunakan sebagai tanaman pagar ini ternyata memiliki khasiat yang lebih. Secara umum, apabila daun ini diremas maka akan mengeluarkan aroma yang harum. Kandungan minyak astiri, zat alkali, flavonoid, aminoleusin, isoleusin, triptopan, treonin, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin C, dan beberapa zat lainnya berfungsi sebagai antiseptik untuk menghilangkan bau badan akibat keringat berlebih.


Air cengkeh

Rempah ini banyak digunakan sebagai bahan masakan karena mampu mengeluarkan aroma yang harum. Maka tak heran bila cengkeh juga bisa mengatasi masalah bau badan. Cengkeh mengandung antibacterial dan senyawa anti inflamasi untuk mencegah bau keringat.

Jus kemangi

Daun yang biasanya dijadikan lalapan ini memiliki wangi yang khas. Kemangi mengandung mineral dan antibakterial yang bisa menghilangkan bau badan. Selain dimakan mentah, kemangi juga cocok untuk dibuat jus sehingga lebih mudah untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Bila ingin mencobanya, bisa juga ditambahkan perasan air jeruk agar semakin segar.


Jus mentimun

Sayuran yang satu ini memang identik dengan perawatan kecantikan. Ada yang menggunakannya untuk masker dan mengatasi kantung mata. Siapa sangka bila mentimun bisa menghilangkan bau badan. Hal itu dikarenakan kandungan antibacterial di dalamnya. Meminumnya dalam bentuk jus juga sering dilakukan banyak orang karena cara membuatnya cukup mudah. (*)