Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 12 Februari 2018 / 13:32 WIB

Dua Jembatan Penyeberangan di Kartasura Rusak

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan A Yani, Kartasura sudah lama mangkrak dan membahayakan. Lokasinya yakni di pertigaan kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan depan Pasar Kartasura. Dibeberapa bagian bangunan sudah rapuh dan tidak bisa digunakan dan pemerintah diminta melakukan perbaikan.

Camat Kartasura, Suyatman mengatakan banyak keluhan dari warga berkaitan dengan keberadaan dua JPO. Jembatan tersebut sudah tidak bisa digunakan oleh oleh warga, padahal dua JPO tersebut masih sangat dibutuhkan warga sekitar maupun masyarakat umum.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"JPO di depan Pasar Kartasura menghubungkan langsung ke dalam pasar. Tapi kondisi JPO sekarang tidak layak dipakai karena banyak kerusakan," ujar Suyatman kepada KRJOGJA.com, Senin (12/02/2018).

Kondisi sama dialami JPO dipertigaan kampus UMS. Jembatan tidak hanya penting bagi mahasiswa namun juga warga sekitar dan masyarakat umum.

"Baik di pertigaan UMS dan depan Pasar Kartasura kondisi Jalan  A Yani diberi pembatas atau media jalan di tengah. Jadi untuk menyeberang di jalan warga sulit dan demi keamanan harus pakai JPO," lanjutnya.

Kecamatan Kartasura sudah melaporkan keluhan warga ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Dinas Perhubungan Sukoharjo. Namun sampai sekarang belum ada penanganan lebih lanjut.  "Warga meminta JPO itu tetap ada dan segera diperbaiki karena bisa dipakai menyeberang," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Sukoharjo Suraji mengatakan, Jalan A Yani statusnya merupakan jalan negara dan menjadi tanggungjawab pemerintah pusat. Termasuk juga kerusakan JPO yang ditemukan kerusakan bukan kewenangan daerah. (Mam)