DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 12 Februari 2018 / 11:56 WIB

Memanfaatkan Pekarangan, Wujudkan Ketahanan Pangan

BANTUL, KRJOGJA.com - Pemanfaatan lahan pekarangan di rumah dengan menanam sayur mayur maupun tanaman konsumsi lainnya merupakan bentuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat. Selain itu memanfaatkn lahan yang ada dengan menanam tanaman pangan juga akan membantu meningkatkan perekonimian masyarakat.

“Minimal masyarakat bisa mencukupi kebutuhannya sendiri. Daripada membeli, dengan menanam sendiri sayuran dan memanennya akan dapat meningkarkan perekonomian masyakaat,” ungkap Babinsa Koramil 09 Jetis, Serka Zaenuri saat memberikan memberikan sosialisasi tentan pemanfaatan lahan pekarangan untuk tanam sayuran kepada Kelompok Wanita Tani (KWK) di aula balai Desa Patalan, Sabtu (10/02/2018).

Pemanfaatan lahan tersebut bisa dilakukan dengan menanam langsung tanaman dan membudidayakannya. Bagi yang lahannya terbaras, warga juga bisa melakukan penanaman dengan metode hidroponik.

Sementara itu Danramil 09 Jetis, Kapten (Chb) Stepanus menegaskan siap mengerahkan prajuritnya untuk membantu warga melakukan budidaya sayuran guna memanfaatkan lahan yang ada. Prajurit nantinya juga akan penggandeng petugas penyuluh lapangan (PPL) agar nantinya hasil yang diperoleh lebih optimal. (Van)