Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Minggu, 11 Februari 2018 / 20:50 WIB

TANPA SURAT PENANGKAPAN

Orang Tua Tersangka Gugat Praperadilan Polres Banyumas

BANYUMAS, KRJOGJA.com - Jamingan (43) warga Desa Karanggude, Karanglewas, Banyumas, orang tua Ryn (18) tersangka dalam kasus dugaan persetubuhan anak dibawah umur,  menggugat praperadilan Polres Banyumas, ke Pengadilan Negeri Purwokerto.

"Gugatan itu sudah didaftarkan Jumat (2/2/2018) di Pengadilan Negeri Purwokerto," kata Jamingan yang didampingi kuasa hukumnya Djoko Susanto SH, kepada KRJOGJA.com Minggu (11/2/2018).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Djoko Susanto, menambahkan gugatan itu dilakukan karena penyidik Polres Banyumas saat melakukan penangkapan  terhadap tersangka Ryn, 8 Januari 2018 lalu tanpa dilengkapi surat penangkapan. Selain tidak dilengkapi surat penangkapan, hingga gugatan ini didaftarkan penyidik juga tidak memberikan tembusan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidik (SPDP) ke pemohon.

"Apabila penyidik tidak memberitahukan SPDP, kepada penuntut umum, terlapor dan pelapor maka penyidikan batal demi hukum," kata Djoko Susanto.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, yang dihubungi terpisah, menjelaskan dalam penyidikan pihaknya sudah prosedural. "Silahkan mengajukan gugatan karena diatur oleh undang undang, dan kami siang menghadapinya," kata AKBP Bambang YS.(Dri)