Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Minggu, 11 Februari 2018 / 20:30 WIB

Bobol Bengkel Sikat Puluhan Dinamo

Sindikat Curat Asal Boyolali Dibekuk

BANTUL, KRJOGJA.com - Sepak terjang Sy (30) sindikat pencurian dengan pemberatan (Curat) berakhir ditangan Tim Buser Polsek Banguntapan Bantul. Lelaki asal Candisari Gedangan Cepogo Boyolali itu disergap Tim Buser yang dipimpin Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH Sabtu (10/2/2018) malam ketika menawarkan dinamo curian di Boyolali.

Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti puluhan dinamo yang disikat dari bengkel milik Suyamto di Salakan Potorono Banguntapan Bantul 9 Februari 2018  lalu.  Hingga kini polisi terus mengusut kasus itu,  karena ada dugaan  selain Sy ada pihak lain terlibat dalam pembobolan bengkel dinamo itu. Sebelumnya Sy juga terlibat kasus curat di Boyolali.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Kapolsek Banguntapan Komppl Suhadi SH MH didampingi Panit 1 Reskrim Polsek Banguntapan, Aiptu Agus Rudationo SH mangatakan, setelah mendapat laporan adanya kasus pembobolan  bengkel dinamo dengan kerugian mencapai Rp 30 juta. Petugas Polsek Banguntapan Bantul gencar melakukan penyelidikan dilapangan dengan memintai keterangan sejumlah saksi.  

"Karena kasus curat itu kerugiannya sangat besar mencapai Rp 30 juta, kami bersama anggota punya komitmen dan semangat bersama bagaimana kasus ini terungkap," ujar Suhadi.  

Oleh karena itu, dengan bekal keterangan sejumlah saksi-saksi ada informasi jika dalang pelaku curat didalangi sindikat asal Boyolali. Setelah itu Buser dibawah Komando Kompol Suhadi didampingi Aiptu Arif Budiyanto SH bergerak ke Boyolali memburu Sy.   

Setelah sampai di Boyolali  tim langsung koordinasi dengan Resmob Polres Boyolali untuk ikut memburu tersangka. Sejumlah ruas disisir untuk mengendus keberadaan tersangka.  Perjuangan mulai membuahkan hasil, Sabtu (10/2/2018) malam sekitar pukul 21.30 petugas melihat Sy turun dari mobil disebuah bengkel dinamo di Boyolali. Tidak mau buruannya lepas, petugas langsung menyergap Sy dan digelandang ke Polsek Banguntapan bersama sebuah mobil dan puluhan dinamo hasil curian.  

"Kami sergap pada saat Sy ini menjual dinamo curian di Boyolali Sabtu malam," ujar Suhadi.  

Tersangka juga secara khusus datang ke Yogyakarta dari Boyolali sekadar mencari sasaran. Kepada petugas Sy bersikukuh pada pendiriannya, jika pembobolan bengkel dinamo di Salakan Potorono Banguntapan Bantul hanya dilakukan seorang diri. Namun pengakuan itu masih diragukan mengingat dalam kasus itu Sy mengambil 50 unit dinamo. Kepada penyidik, tersangka Sy mengatakan, jika dinamo hasil curian itu dijual kepada bengkel dinamo di Boyolali. Untuk meyakinkan calon pembelinya itu, Sy mengatakan jika dinamo diambil dari saudaranya yang usahanya tutup karena pergi menjadi TKI.(Roy)